ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Perbanyaklah Bersujud, Niscaya Engkau Dikenali

Foto: Abu Umar/Islampos
0

Oleh: Tugiarti
Anggota Kelas Menulis Islampos

 

Allah berkalam:

(يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا ارْكَعُوا وَاسْجُدُوا وَاعْبُدُوا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ ۩)

“Wahai orang-orang yang beriman, ruku’lah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Rabb-mu dan perbuatlah kebajikan, supaya kalian mendapat kemenangan,” [Q.S Al-Hajj:77].

Allah memerintahkan orang-orang yang beriman untuk ruku’ dan sujud. Dalam hal ini yang dimaksud adalah sholat.

Sujud merupakan salah satu gerakan yang termasuk dalam rukun sholat. Ketika sujud, tujuh anggota tubuh harus menempel tanah -lantai-. Bila ketujuh anggota tubuh tidak menempel tanah, maka tidaklah dianggap sempurna sujudnya. Ketujuh anggota tubuh tersebut yaitu, dahi, hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut dan kedua telapak kaki -dihitung sebagai satu anggota tubuh-.

Bagi orang-orang yang suka bersujud di dunia akan mendapatkan keutamaan, antara lain :

Pertama, dikenali oleh Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam

Pada yaumil akhir akan berkumpul seluruh manusia dari penciptaan awal hingga akhir. Beriman, kafir dan munafik berkumpul menjadi satu. Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wassalam akan mengenali umatnya dari wajah dan kakinya. Wajah yang putih bersih dan kaki yang berwarna putih.

Wajah yang putih bersih dikarenakan sujud. Yakni dari tanda-tanda sujud yang diperoleh sewaktu sholat. Kaki yang putih karena wudhu. Semua anggota tubuh yang dibasuh air wudhu akan berwarna putih.

Pada hari itu, seorang mukmin akan dikenakan pakaian dari cahaya. Sebagai tanda bekas sujud dan wudhu. Cahaya yang berlipat ganda. Semakin banyak bersujud dan berwudhu di dunia, maka wajahnya akan semakin bersinar dan cemerlang. Sehingga setiap orang akan mempunyai tingkat kecemerlangan yang berbeda.

Kedua, bisa bersujud ketika Allah menyingkap tabir-Nya

Pada hari dimana masing-masing orang akan mengikuti sesembahannya. Maka akan tersisa orang beriman dan munafik. Disaat itu, Allah menyingkap tabir-Nya. Dan bersujudlah orang-orang yang terbiasa sujud secara sempurna -tuma’ninah-. Sementara yang lainnya memaksakan diri untuk bersujud, namun tidak bisa.

Ketiga, Allah mengharamkan api neraka untuk membakar bekas-bekas sujud

Ketika Allah berkehendak memberikan rahmat-Nya kepada penghuni neraka. Maka Allah memerintahkan malaikat untuk mengeluarkan siapa saja yang pernah menyembah Allah. Api neraka tidak bisa membakar anggota tubuh yang terdapat bekas sujud. Para malaikat mengeluarkan mereka berdasarkan tanda bekas sujudnya.

Wahai saudaraku seiman, jangan pernah sia-sia kan waktu dan kesempatan. Selama masih bisa bernafas, perbanyak dan sempurnakanlah sujud. Semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba-Nya yang bersujud siang dan malam.

Waallahu a’lam. []

loading...
loading...