islampos
Media islam generasi baru

Perbankan Syariah Terus Berkembang di Eropa

Foto: Arabies
0

AS—Bisnis perbankan syariah kini tidak terbatas pada negara-negara Muslim. Bisnis ini telah menunjukkan pertumbuhan global, termasuk di Eropa.

Total aset perbankan syariah di seluruh dunia diproyeksikan akan tumbuh hingga 3,5 triliun USD pada tahun 2021 dari 2 triliun USD saat ini. Angka ini dirilis Reuters berdasarkan laporan Bank Pembangunan Islam yang telah diterbitkan pada tahun 2016.

Ada 622 lembaga yang menawarkan program studi ekonomi syariah di seluruh dunia. Dan Eropa semakin berminat pada pendidikan perbankan syariah. Ada 109 lembaga yang memberikan pendidikan perbankan syariah di Eropa dan 63 persennya berada di Inggris.

Inggris telah menerbitkan obligasi syariah pertamanya (sukuk) senilai lebih dari 250 juta USD, menurut pernyataan Departemen Keuangan yang diterbitkan di situs web pemerintah pada Juni 2014.

“Perankan syariah telah menarik banyak investor atau mereka yang ingin melakukan bisnis dengan bisnis syariah,” kata Farmida Bi, seorang pengacara perbankan yang berbasis di London sekaligus kepala perbankan syariah di Eropa. []

loading...
loading...