islampos
Media islam generasi baru

Peraih Gelar Mawapres ITS 2017 Hafiz Quran 30 Juz

Foto: Republika
0

SURABAYA—Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menetapkan Mahasiswa Berprestasi (Mawapres) tingkat institut tahun 2017 diraih oleh Rizki Mendung Ariefianto, mahasiswa Departemen Teknik Elektro.

Ketua panitia seleksi Mawapres ITS 2017, Arief Abdurrakhman mengatakan, Rizki tidak hanya dikenal cerdas secara akademik, tapi ia juga seorang hafidz Alquran 30 juz.

“Menurut saya, Rizki ini sangat luar biasa. Ia pandai di bidang akademik tapi juga ahli di bidang keagamaan, karena Rizki adalah seorang hafiz 30 juz,” kata Arief, dilansir Republika, Jumat (3/3/2017).

Arief menjelaskan, terdapat empat tahap seleksi pada babak final Mawapres ITS 2017. Yaitu Tes Potensi Akademik (TPA), psikotes, presentasi Karya Tulis Ilmiah (KTI), dan melakukan wawancara berbahasa Inggris dan Indonesia. Setelah mempertimbangkan dengan matang, panitia mengumumkan nama para jawaranya.

Rizki yang akrab disapa Mendung itu telah meraih prestasi di antaranya Gold Medal International Invention Innovation Competition (i-CAN) 2016, Gold Medal International Young Inventor Awards (IYIA) 2016, dan finalis OSN Pertamina kategori Proyek Sains se-ASEAN.

Mendung mengaku, pada awalnya ia tidak memiliki keinginan untuk mendaftar Mawapres 2017.

“Ya pada awalnya memang tidak ada dorongan pribadi. Namun, karena dukungan yang kuat dari teman-teman membuat saya termotivasi. Sehingga saya memutuskan untuk mendaftar,” ujarnya.
Setelah terpilih menjadi Mawapres, Mendung akan berfokus untuk meningkatkan kemampuannya dalam bahasa Inggris.

“Saat ini saya sedang berusaha untuk meningkatkan kemampuan saya dalam menulis KTI, berbicara, dan presentasi dalam Bahasa Inggris,” kata mahasiswa kelahiran Lumajang, 27 September 1995 ini.

Ia berharap, prestasi yang diukir kali ini dapat membuat mahasiswa ITS lainnya lebih termotivasi untuk menjadi mahasiswa dengan segudang prestasi.

“Khususnya untuk mahasiswa yang memiliki latar belakang pesantren, saya ingin mengatakan bahwa kita mampu. Tetap semangat ya,” pesannya menyemangati. []

loading...
loading...