ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Penyebar Video Habib Bahar bin Smith Segera Diusut Polisi

0

Advertisements

KABAG Penerangan Umum (Penum) Divisi Humas Polri Kombes Syahar Diantono mengatakan dalam penanganan kasus dugaan diskriminasi etnis dan ras yang dilakukan Habib Bahar bin Smith bisa juga menyeret penyebar videonya.

“Tidak menutup kemungkinan nanti akan dilakukan upaya pengembangan terkait siapa yang meng-upload dan menyebarkan kejadian itu di media sosial ataupun message. Habis itu, Undang Undangnya adalah UU ITE,” kata Kombes Syahar di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/12/2018).

BACA JUGA: Soal Kasus Habib Bahar, PSI: Ngomong yang Sejuk Saja yang Damai

Syahar menegaskan, dalam kasus ini sang penyebar dan pengunggah video itu juga bisa dijerat. Namun untuk Habib Bahar, penyidik Direktorat Tindak Pidana Kriminal Umum Bareskrim fokus ke dugaan diskriminasi etnis dan ras.

“Iya (pengunggah dan penyebar bisa dijerat, Undang-Undangnya mengatur begitu, tapi tidak dengan HBS. Makanya fokusnya HBS adalah UU No 40 tahun 2008 itu,” ujarnya.

Habib Bahar disangka melanggar Pasal 4 huruf b angka 2 UU 40 tahun 2008 terkait Penghapusan diskriminasi ras dan etnis. Dia terancam hukuman maksimal 5 tahun penjara dan denda Rp 500 juta.

BACA JUGA: Muncul Tudingan Habib Bahar bin Smith Aniaya 2 Remaja, Ini Kata Polisi

Pengacara Habib Bahar, Aziz Yanuar mengatakan Habib Bahar siap bertanggung jawab atas tindakannya. Habib Bahar juga bersikap kooperatif.

“Habib nggak ada respons yang bagaimana-bagaimana karena memang kooperatif dan memang bersedia mempertanggungjawabkan perbuatannya,” ujar Aziz setelah mendampingi pemeriksaan Habib Bahar di Bareskrim Polri, Kamis (6/12). []

SUMBER: DETIK

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline