islampos
Media islam generasi baru

Penjual Roti Ini Donasikan Seluruh Hasil Jualannya untuk Rohingya

Foto: AA
0

Simpati terhadap nasib Muslim Rohingya yang mengalami persekusi oleh militer Myanmar, seorang penjual roti jalanan di Provinsi Kocaeli, Turki, menyumbangkan hasil jualannya selama dua hari untuk etnis minoritas tersebut.

Erkan Ayhan, 40, penjual roti biji wijen, menyumbangkan hasil jualannya sebesar 147 Lira Turki –senilai 43 usd- untuk Muslim Rohingya yang teraniaya.

“Saya memutuskan untuk melakukan yang terbaik, karena dunia tetap diam. Namun Rohingya tidak akan terbebas hanya dengan bantuan dari saya saja. Dengan ini saya mendorong dunia untuk bertindak bagi saudara dan saudari kita, saya meminta semua umat Islam untuk berdoa bagi Rohingya dan membantu mereka,” tegas Ayhan seperti dikutip dari AA.

Ayhan mendonasikan bantuannya untuk Rohingya melalui Lembaga Bantuan Kemanusiaan berbasis Turki (IHH).

Vedat Kara, seorang warga Kocaeli mengatakan, situasi di Rakhine tidak dapat diterima. “Dunia Muslim dapat mengatasi masalah tersebut dengan bersatu,” ujar Vedat.

Menurut PBB, sebanyak 270 ribu Muslim Rohingya telah menyeberang ke Bangladesh. Rakhine telah mengalami ketegangan antara Budhis dan Muslim sejak kekerasan komunal terjadi pada 2012 lalu.

Dalam sebuah operasi militer yang dilakukan pada Oktober lalu di distrik Maungdaw, PBB mendokumentasikan perkosaan massal, pembunuhan, termasuk bayi dan anak kecil, pemukulan brutal, dan penghilangan terhadap Muslim Rohingya oleh Militer Myanmar. []

Red: Unayah.

loading...
loading...