Penjual Bakso Ini Tunggu Pembeli Sambil Baca Al-Qur’an

0

MENUNGGU pembeli bagi setiap pedagang bisa jadi hal yang menjemukan. Apalagi jika pihak yang ditunggu itu tak kunjung datang. Selain menjemukan, penantian lama menunggu pembeli juga bisa bikin resah karena itu berarti pertanda penghasilan akan sepi seiring sepinya penjualan.

Banyak pedagang yang menggerutu kesal dan sangat kecewa jika seharian julannya tak terjual. Namun hal itu tak berlaku bagi seorang pedagang bakso ikan keliling di Cirebon, Jawa Barat ini. Pedagang bakso ikan ini mengisi waktu dengan membaca Al-Quran sambil menunggu pembeli.

Pedagang bakso ikan itu tengah memarkir motor yang digunakannya berdagang di tepi sebuah jalan. Sembari menunggu pembeli yang datang, pedagang itu terlihat membaca buku. Namun jangan salah, yang dibacanya bukan sembarang buku, melainkan kitab suci Al-Quran.

Setiap Muslim yang terbiasa membaca Al-Quran, akan mendapat banyak pahala dan kebaikan.
Nabi Muhammad bersabda:

“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitab Allah (Al-Qur’an), maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan itu dibalas dengan sepuluh kali lipatnya,” (HR. At-Tirmidzi).

Dalam riwayat lain dinyatakan, Rasulullah bersabda: “Orang yang membaca Al-Qur’an terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Al-Qur’an secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi,” (HR. Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i, lihat shahihul jaami’:3105).

Bukan sekadar dalam hadits, Allah sendiri menjanjikan ganjaran bagi mereka yang gemar membaca Al Quran. Hal itu seperti Firman-Nya berikut ini,

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri,” (Q.S Al-Fathir: 29-30). []

 

Sumber: arah

 

loading...
loading...