islampos
Media islam generasi baru

Pengadilan Nigeria Tolak Larangan Jilbab di Sekolah

0

LAGOS – Sebuah pengadilan di Lagos, Selasa kemarin (7/2/2017) menolak banding pemerintah yang mencoba melarang penggunaan jilbab di kalangan para siswi.

Pengadilan Banding menolak penundaan eksekusi oleh pemerintah negara bagian Lagos yang bertujuan untuk mencegah siswi Muslim mengenakan jilbab di sekolah-sekolah di negara bagian Lagos sambil menunggu putusan dari Mahkamah Agung.

Pejabat pengadilan, Mohamed Lawal Garba mengatakan langkah banding pemerintah hanya bisa didengar oleh Mahkamah Agung, yang sampai sekarang belum menetapkan tanggal sidang.

Bulan Juli tahun lalu, pengadilan menyetujui penggunaan jilbab di sekolah oleh siswi Muslim., Anadolu Agency melaporkan.

Kasus ini dibawa ke pengadilan oleh Masyarakat Mahasiswa Muslim Nigeria (MSSN) menyusul edaran pemerintah negara yang melarang penggunaan jilbab dengan alasan tradisi sekuler Nigeria dan kebutuhan untuk keseragaman di sekolah umum.

“Ini menggembirakan untuk melihat bahwa perintah yang [pemerintah negara bagian] menggunakan sebagai dasar untuk menolak pelaksanaan Pengadilan Tinggi penghakiman telah menyerang,” kata Presiden MSSN Saheed Ashafa dalam sebuah pernyataan.

“Kami dengan ini mendesak semua pihak untuk taat hukum dengan mematuhi putusan pengadilann. Seharusnya tidak ada lagi pelanggaran hak asasi manusia terhadap siswi kami. Dan kami mengharapkan pelaksanaan putusan langsung dari pengadilan itu di semua sekolah di seluruh negara bagian,” tandas Presiden MSSN Saheed Ashafa.[fq/islampos]

loading...
loading...