ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Penelitian: Simpan Smartphone di Saku Celana Seharian Ternyata Pengaruhi Kesuburan Anda

Foto: Kalid
0

APAKAH istri Anda kesulitan untuk hamil? Atau ternyata jumlah sperma Anda rendah? Mungkin kebiasaan ini menjadi penyebabnya—menyimpan smartphone di saku celana seharian.

Penelitian menemukan fakta bahwa pria yang menyimpan smartphone di saku celana seharian, dapat menurunkan kadar sperma sebanyak 47%.

Ahli kesuburan memperingatkan bahwa menggunakan ponsel sedikitnya satu jam sehari adalah sama dengan “memasak sperma”, dan menurunkan kadar jumlahnya secara signifikan.

Studi terbaru menunjukkan bahwa menyimpan ponsel dekat dengan testis, atau dalam jarak yang tidak jauh dari itu ternyata dapat menurunkan kadar sperma sehingga sulit untuk membuahi sel telur hingga terjadi kehamilan.

“Jika Anda mengenakan setelan jas, maka tempatkan ponsel di saku dada Anda, bukan dekat dengan testis Anda (*di saku celana-red). Hal ini akan mengurangi risiko pengurangan jumlah sperma Anda,” kata Prof Gedis Grudzinskas, ahli kesuburan dari Inggris, lansir Viral4Real.

“Kami menganalisa jumlah sperma yang aktif serta berkualitas, dan menemukan fakta bahwa jumlahnya telah berkurang.” “Kami pikir ini adalah yang disebabkan oleh pemanasan sperma dari telepon dan oleh aktivitas elektromagnetik,” kata Profesor Martha Dirnfeld, dari Universitas Technion.

Jadi simpan jauh-jauh ponsel Anda dari saku celana jika tak ingin sperma Anda berkurang. []

loading...
loading...