islampos
Media islam generasi baru

Pemudik Sebaiknya Istirahat Setiap 4 Jam Sekali, Ini Alasan Dokter

Foto: Abu Umar/Islampos
0

MERAK—Adam Ari Wibawa, seorang dokter yang bertugas di posko Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan 2017, menjelaskan bahwa keluhan terbanyak pemudik yakni kelelahan, muntah, hingga pusing.

“Biasanya kelelahan, muntah, dan pusing yang paling sering,” ujar Adam di sela-sela pembukaan posko Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan 2017 di Pelabuhan Merak, Banten, lansir Republika, Rabu (21/6/2017).

Adam meminta agar para pemudik yang membawa kendaraan supaya beristirahat setiap empat jam sekali. “Jangan dipaksakan,” ujarnya.

Sebelum berangkat, ia meminta pemudik untuk jaga fisik, minum vitamin, istirahat, dan ketika mengendarai kendaraan jangan diforsir lebih dari empat jam.

Sementara itu, Deputi Direksi Bidang Hubungan Antarlembaga dan Regulasi BPJS Kesehatan Budi Mohamad Arief menambahkan, kalau misalnya pemudik penderita diabetes mellitus juga bisa menjadi masalah. Kondisi ini mungkin terjadi ketika yang bersangkutaan dalam perjalanan, puasa, panas, dan dia tidak mengkonsumsi apa-apa maka biasanya gula darahnya bisa saja menurun rendah.

“Atau orang dengan sakit hipertensi karena stres, perjalanan padat, macet, panas bisa menyebabkan tekanan darahnya tinggi,” ujarnya.

Ia menambahkan penyakit maag yang juga disebabkan kondisi stres juga bisa muncul. “Tetapi biasanya orang mampir ke posko karena lelah saja,” ujarnya.

Kalau kondisinya hanya kelelahan, ia menjelaskan pemudik atau masyarakat ini bisa istirahat di posko dan mendapatkan fasilitas pijat relaksasi yang disediakan gratis BPJS Kesehatan. Namun, kalau menderita sakit yang mengganggu pemudik bisa mencari fasilitas kesehatan yang lengkap layanan kesehatannya. []

loading...
loading...