islampos
Media islam generasi baru

Pemuda Gembala Serang 21 Jamaah Masjid di Nigeria hingga Tewas

Foto: AP
0

MOKWA–Kelompok Pemuda Gembala bernama Fulani, dicurigai menjadi pelaku teror terhadap Masjid di Komunitas Etogi, ggbara Ward, Kota Mokwa, Nigeria. Sebanyak 21 jamaah dalam serangan bersenjata tersebut.

Sebelumnya, perselisihan terjadi antara masyarakat dan pemuda Utara dengan seorang gembala yang kabarnya terbunuh. Dilaporkan Daily Post Nigeria, Senin (15/5/2017), gembala itu meminta sebidang tanah milik masyarakat untuk bertani.

Hal itu terjadi dengan kesepakatan untuk membayar persentase tertentu setiap tahun kepada Kepala Desa. Tapi, belakangan kesepakatan itu batal, dan terjadi perselisihan ketika pemuda gembala diminta menghormati perjanjian.

Mereka menolak dan malah mengklaim kepemilikan tanah sesungguhnya, sehingga perkelahian tidak terelakan. Seorang gembala meninggal, yang akhirnya membuat gembala lain memobilisasi serangan ke sebuah masjid di sana.

Serangan dilakukan saat umat Islam sedang melaksanakan ibadah shalat subuh. Humas Komando Polisi Negara Bagian Niger, PPRO, DSP Bala Elkana, membenarkan laporan itu. Ia mengatakan, jumlah korban tewas pun telah terkonfirmasi.

“Telah dikonfirmasi serangan itu merupakan balasan atas pembunuhan pengembala sebelumnya oleh penduduk desa, 21 orang terbunuh sedangkan delapan orang lain mengalami cedera berbagai tingkatan akibat serangan,” kata Elkana. []

Sumber: Republika

loading...
loading...