ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Pemerintah Bakal Gelar Sidang Isbat Hari Ini

Foto: Kemenag
0

JAKARTA–Pemerintah akan kembali menggelar sidang isbat (penetapan) awal Syawal 1438H. Sidang Isbat akan diselenggarakan di Kantor Kementerian Agama pada Sabtu, 24 Juni 2017.

“MUI menyambut baik rencana penetapan 1 Syawal 1438 H oleh pemerintah melalui Sidang Isbat Kementerian Agama RI bersama MUI dan Ormas-ormas Islam pada tanggal 24 Juni 2017 yang akan datang,” demikian penjelasan MUI sebagaimana dikutip dari rilis bertajuk Taushiyah Dewan Pimpinan MUI Menyembut Idul Fitri 1438H, Jakarta, Kamis (22/06/2017).

MUI berharap tidak terjadi perbedaan dalam penetapan 1 Syawal 1438H. Namun demikian, jika terjadi perbedaan di antara warga masyarakat, MUI mengimbau hal itu hendaknya disikapi dengan penuh damai, saling menghormati dan menghargai satu dengan lainnya dengan mengedepankan semangat ukhuwah Islamiyah.

Sebelumnya, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muhammad Thambrin menjelaskan bahwa sidang isbat (penetapan) awal bulan Syawal 1438H akan dipimpin langsung oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma’ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher. Melalui mekanisme sidang isbat tersebut, Kemenag akan menetapkan kapan umat muslim Indonesia akan berhari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1438H. []

Sumber: Kemenag

loading...
loading...