islampos
Media islam generasi baru

Pelapor PBB: Myanmar Berusaha Usir Semua Muslim Rohingya

Foto: Taiwan News
0

JENEWA – Pelapor khusus PBB untuk urusan Myanmar Yanghee Lee menyatakan keprihatinan bahwa negara Asia Tenggara itu berusaha “mengusir” semua anggota komunitas Muslim Rohingya yang teraniaya dari wilayahnya, lapor Press TV.

Berbicara di Dewan HAM PBB Jenewa pada Senin (13/3/2017), Yanghee Lee memperingatkan bahwa pengusiran ini bisa menjadi tujuan akhir dari penganiayaan kelembagaan dan kekerasan mengerikan yang dilakukan terhadap Muslim Rohingya.

Lee, yang mengunjungi Myanmar dua kali dalam satu tahun terakhir, mengatakan bahwa Myanmar masih mempersulit kehidupan Muslim Rohingya. Ini diungkapkan Lee setelah timnya melakukan survei rumah tangga dan maraknya pembongkaran rumah di negara bagian Rakhine.

“Setelah melakukan survei, dan itu menunjukkan pemerintah Myanmar mungkin mencoba untuk mengusir semua penduduk Rohingya dari negara itu dan saya sama sekali tidak berharap hal itu terjadi,” tegas Lee.

Di tempat lain, Lee juga mendorong penyelidikan tingkat tinggi atas pelanggaran terhadap komunitas minoritas Muslim Rohingya di Myanmar. [fq/islampos]

loading...
loading...