ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Pelajar Masa Gitu?

Foto: NetSupport School
0

 

Oleh: Sofie Yasmin Nabila
Pelajar SMP Homeschooling Group Generasi Pemimpin Cemerlang
Bandung
1st1k0m4h.neng@gmail.com

JUDUL ‘Pelajar Masa Gitu’ terdengar familiar karena mirip dengan sebuah sitcom. Emang pelajar kenapa kok sampai disebut pelajar masa gitu? Coba kita lihat beberapa fakta, tanggal 17 Maret kemarin, polisi di Tasikmalaya menggerebek salah satu kamar hotel yang isinya pasangan di bawah umur tengah berduaan (wartapriangan.com). Ditambah lagi fakta bahwa 66% persen remaja Indonesia tidak perawan.

Mendengar dua berita itu saja sudah cukup membuat hati tersayat, sakit, kesel, sedih, kenapa bisa sampai seperti itu. Mereka, remaja, yang umurnya masih belasan tahun, tetapi telah melakukan hal yang diluar batas umurnya. Padahal, tugas remaja adalah belajar untuk menggapai cita-cita, menghormati orangtua. Dengan cara menjadi anak yang shalih dan shalihah, bukan hanya itu, ibadah kepada Allah pun harus menjadi kebutuhan.

Apa sih faktor pelajar jadi begitu? Salah satunya, kurangnya perhatian orangtua terhadap anaknya dalam bergaul. Anak dibebaskan berteman dengan siapa saja, tak bergitu menghiraukan bagaimana pergaulan anaknya. Kalaulah ada pepatah “kalau berteman itu jangan pilih pilih”. Dalam berteman justru kita harus pilih-pilih, mana yang baik untuk kita, mana yang membawa kita menjadi shalih dan shalihah. Yang tidak boleh itu pilih-pilih karena kaya atau miskin, cantik/gantengnya. Orangtua juga harusnya sama-sama mengarahkan dalam berteman, selain menjadi teladan bagi anaknya.

Maka dari itu, kita harus pintar-pintar dalam bergaul. Kita bisa ikut ke dalam organisasi atau kegiatan islami yang ada di sekolah atau rumah. Insyaallah dengan mengikuti kegiatan tersebut pasti akan mendapat teman orang-orang shalih dan shalihah, selain juga mendapat ilmu yang banyak.

Apalagi mencari ilmu wajib bagi kita dan salah satu aktivitas kita sebagai pelajar. Semoga kita terhindar dari segala macam keburukan yang ada, dan kita bisa menjadi anak yang sholeh dan sholehah dengan ilmu islam dan bimbingan orangtua.

Wallahu’alam bish shawab. []

loading...
loading...