islampos
Media islam generasi baru

Pejabat Palestina: Amerika Berupaya Bantu Krisis di Al-Quds

Foto: Anadolu
0

PALESTINA–Pejabat senior Palestina Hatem Abdel-Qader mengatakan Amerika tengah berupaya membantu menyelesaikan permasalah yang menimpa Palestina baru-baru ini.

“Washington melakukan kontak dengan Yordania dan negara-negara Arab lainnya termasuk dengan Israel. Hal itu untuk mencapai solusi terhadap situasi serius yang terjadi saat ini di Yerusalem,” kata Hatem Abdel-Qader, anggota Dewan Revolusi Gerakan Fatah, Rabu (19/7/2017), seperti dilansir, Anadolu Agency. 

Abdel-Qader mengatakan bahwa pemerintah Israel juga tengah mengontak langsung Yordania mengenai permasalahan ini.

“Saya secara pribadi telah belajar dari sumber-sumber Barat bahwa ada kompromi yang diajukan oleh Amerika untuk menghapus detektor logam dari pintu masuk Masjid Al-Aqsa, dan hanya melakukan inspeksi di pintu masjid,” tambahnya.

“Sejauh ini kita tidak tahu apa maksudnya dengan inspeksi, tapi yang jelas kita menolak pemeriksaan fisik untuk setiap jamaah yang berniat masuk masjid,” katanya.

Instalasi detektor logam Israel di gerbang masjid telah menyebabkan gelombang kemarahan di kalangan orang-orang Palestina, yang meminta agar segera dihapus.

Namun, Israel membela detektor kontroversial tersebut, mengklaim hal itu sebagai tindakan pengamanan di tempat-tempat suci dunia lainnya.

Pemasangan detektor itu juga diperkuat adannya baku tembak Jumat lalu di kompleks masjid yang menyebabkan lima orang tewas.

Seperti diketahui, Masjid Al-Aqsa adalah situs ketiga tersuci dalam Islam setelah kota suci Mekah dan Madinah. Kini Masjid Umat Islam itu tengah dikuasai oleh Pemerintah Israel. []

loading...
loading...