Pedri Kasman: Pengajuan Banding oleh Jaksa Relevan Jika Tuntut Hukuman Diperberat

0

JAKARTA–Pedri Kasman, Sekertaris Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah mengatakan dicabutnya berkas banding oleh tim kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), maka jaksa tidak berwenang mengajukan banding terhadap putusan kasus penistaan agama.

“Terpidana saja menerima,” ucapnya, Selasa (22/5/2017), seperti dilansir Republika.

Menurut Pedri, Jaksa sudah tak punya alasan lagi untuk mengajukan banding atas perkara putusan dua tahun penjara Ahok. Ia melanjutkan pengajuan banding akan relevan, jika memang jaksa menuntut agar hukuman untuk Ahok diperberat.

Selain itu, ia berharap tidak ada lagi pihak-pihak yang mendesak agar Ahok dibebaskan. “Apalagi pihak-pihak yang sampai menuntut pencabutan pasal penodaan agama, tindakan itu sangat tidak relevan dan emosional,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, keluarga terpidana, melalui tim penasihat hukumnya, mencabut permohonan bandingnya di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Senin (22/5). Sebelumnya, setelah divonis dua tahun penjara pada Selasa (16/5) lalu, tim penasihat hukum beserta keluarga mantan bupati Belitung Timur itu langsung mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun