ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

PBB: Posko Pengungsian Rohingya di Bangladesh Melebihi Kapasitas

Foto: AFP
0 189

JENEWA– Juru bicara Badan Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Jumat memperingatkan kondisi posko jumlah pengungsi Muslim Rohingya yang meninggalkan Myanmar nyaris mencapai setengah juta jiwa.

“Posko-posko tersebut kapasitasnya sudah melebihi batas, ada resiko penyakit juga,” kata Andrej Mahecic dalam konferensi pers di Markas PBB di Jenewa.

“Seiring jumlah pengungsi Rohingya yang meninggalkan Myanmar nyaris mencapai setengah juta jiwa, Badan Pengungsi PBB meningkatkan pengiriman bantuan kemanusiaan untuk mereka yang tinggal di posko yang dekat dengan dua kamp pengungsi resmi di tenggara Bangladesh,” kata Mahecic.

Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi Filipo Grandi akan berada di Bangladesh sejak Sabtu sampai tiga hari ke depan, “Untuk mendapat gambaran langsung mengenai skala krisisnya, menemui pengungsi, dan melihat bantuan dari UNHCR yang semakin ditingkatkan untuk Bangladesh,” ujarnya.

Dalam konferensi pers yang sama, badan migrasi PBB, juru bicara IOM Joel Millman mengatakan bahwa dengan gelombang kedatangan pengungsi Rohingya baru-baru ini ke Bangladesh, jumlah pengungsi etnis tersebut di negara itu telah mencapai 803.000 jiwa.

Millman mengatakan bahwa Bangladesh telah menampung 300.000 orang Muslim Rohingya ketika ada 74.000 orang lainnya tiba di Bangladesh setelah insiden Oktober 2016, yakni serangan di pos perbatasan di distrik Miangdao, Rakhine. Peristiwa ini diikuti operasi keamanan selama lima bulan, yang menurut para orang Rohingya, telah menewaskan sekitar 400 orang.

Sebanyak 429.000 pengungsi Rohingya kemudian datang ke Bangladesh menyusul kekerasan menimpa mereka baru-baru ini, kata Millman, merujuk operasi keamanan di Rakhine, Myanmar, di mana pasukan keamanan dan massa membunuh laki-laki, perempuan, anak, serta menjarah rumah dan membakar desa Rohingya sejak 25 Agustus.[]

Sumber:AnadoluAgency

Comments
Loading...