ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

PBB Kecam Aksi Filipina terkait Perang Melawan Narkoba

0

MANILA – Badan anti narkoba PBB mengecam sikap Filipina yang menggunakan aksi pembunuhan di luar hukum dalam perang melawan narkotika.

International Narcotics Control Board (INCB) dalam laporan tahunannya yang dipublikasikan hari Kamis kemarin (2/3/2017) mengatakan bahwa membunuh orang atas keterlibatan mereka dalam perdagangan dan menggunakan narkoba tanpa memberikan mereka prosedur peradilan, bertentangan dengan peraturan internasional tentang pelarangan obat terlarang tersebut.

Laporan itu mengatakan tindakan di luar hukum, secara fundamental bertentangan dengan ketentuan dan tujuan dari konvensi obat internasional, World Bulletin melaporkan.

INCB sangat mengutuk praktik pembunuhan tersebut dan menyebutnya sebagai pelanggaran berat hak asasi manusia serta penghinaan terhadap standar paling dasar martabat manusia.

INCB juga mengkritik kampanye anti-narkoba pemerintah Presiden Rodrigo Duterte yang baru berjalan delapan bulan.

Menurut perkiraan, kampanye anti narkoba itu menunjukkan bahwa lebih dari 6.500 orang telah tewas sejak Duterte menjabat pada bulan Juni tahun lalu.

Para pejabat mengatakan lebih dari 2.500 tewas ketika menolak penahanan polisi sementara sekitar 4.000 orang lainnya tewas dalam keadaan yang tidak dapat dijelaskan.

INCB, badan kuasi-yudisial PBB yang memonitor pelaksanaan konvensi narkoba, telah mendesak Manila pada bulan Agustus 2016 lalu untuk segera menghentikan aksi pembunuhan di luar hukum.[fq/islampos]

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...