PBB Desak Trump untuk Berhenti Melarang Pengungsi Masuk ke AS

0 181

JENEWA – PBB pada Sabtu kemarin (28/1/2017) menyerukan pemerintahan Trump di AS tidak menutup perbatasannya bagi orang-orang yang melarikan diri perang dan penganiayaan.

“Kebutuhan pengungsi dan migran di seluruh dunia sudah semakin lebih besar, dan program pemukiman kembali AS adalah salah satu yang paling penting di dunia,” ungkap UNHCR, Badan Pengungsi PBB, dan IOM, Organisasi Internasional untuk Migrasi, mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama.

“Tempat pemukiman disediakan oleh setiap negara sangat penting,” kata UNHCR dan IOM, seperti dilansir Anadolu Agency.

Trump sebelumnya menandatangani tindakan eksekutif Rabu lalu untuk mendeportasi imigran gelap yang terlibat dalam kegiatan kriminal, dan hari Jumatnya dia membatasi arus pengungsi ke AS sebagai langkah mencegah teroris Islam radikal.

Badan-badan PBB berharap AS akan terus melakukan peran kepemimpinannya dan tradisi panjangnya melindungi mereka yang melarikan diri dari wilayah konflik dan penganiayaan,” kata pernyataan itu.

“Kami sangat percaya bahwa pengungsi harus menerima perlakuan yang sama untuk perlindungan dan bantuan serta kesempatan untuk pemukiman kembali, terlepas dari agama mereka, kebangsaan atau ras,” tegas beberapa lembaga tersebut.[fq/islampos]

loading...
loading...