PBB: 7 Juta Warga Yaman Hadapi Masalah Kelaparan

0

SANAA – Koordinator kemanusiaan PBB di Yaman memperingatkan krisis pangan di negara itu, sembari mengatakan hampir seperempat dari 27 juta penduduk negara itu menghadapi kelaparan, lapor Press TV.

“Tujuh juta warga Yaman tidak tahu apa yang harus mereka makan berikutnya dan mereka semakin dekat dengan kelaparan,” kata Jamie McGoldrick dalam pernyataan yang dirilis hari Selasa kemarin (21/2/2017).

Dia juga memperkirakan bahwa lebih dari 17 juta warga Yaman tidak dapat secara memadai mendapatkan makanan. Dengan demikian terpaksa mereka sedikit makan untuk sekadar bertahan hidup.

Pejabat PBB itu lebih lanjut menyuarakan keprihatinan dengan meningkatnya harga pangan, kekurangan pangan, gangguan produksi pertanian, dan menurunkan daya beli.

“Mengingat bahwa negara ini 80-90 persen tergantung pada bahan pangan impor; saya terpaksa menaikkan alarm. Jika dibiarkan berlanjut, faktor ini bisa mempercepat timbulnya kelaparan,” katanya.

Di tempat lain dalam keterangannya, McGoldrick menyatakan kekhawatiran mendalam atas eskalasi konflik di pantai barat Yaman, sembari mengatakan pertempuran telah membatasi aliran komoditas bagi kelangsugan hidup warga Yaman.[fq/islampos]

loading...
loading...