ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Parlemen Catalunya Deklarasikan Kemerdekaan dari Spanyol

0

Advertisements

BARCELONA—Parlemen Catalunya mendeklarasikan kemerdekaan dari Spanyol. Deklarasi itu dilakukan dalam waktu kurang dari satu jam menjelang pengambilan suara di Senat Spanyol untuk memberikan pemerintah pusat, yang berpusat di kota Madrid, kekuasaan mengelola daerah itu.

Voting di parlemen ini berlangsung setelah ketegangan politik berlangsung sepekan terakhir antara Barcelona, ibu kota Catalunya, dan Madrid.

Menurut Independent, 70 dari 135 wakil rakyat di parlemen Catalan memilih merdeka dalam pemungutan suara lewat voting. Ada sepuluh perwakilan yang menolak dan dua surat suara kosong tanpa memilih.

Related Posts
1 of 3

Seusai pemilihan, suara tepuk tangan bergemuruh di ruang sidang parlemen Catalunya, yang diwarnai para wakil rakyat bersalaman dan berpelukan.

Ribuan orang menonton proses voting dan mengikuti proses penghitungan suara lewat layar lebar yang dipasang diluar gedung parlemen Catalunya di Barcelona. Warga terlihat menari dan berdansa setelah hasil voting yang mendukung kemerdekaan keluar.

Keputusan parlemen Catalunya ini berarti dimulainya proses pembentukan negara merdeka dengan pembuatan undang-undang dan memulai negosiasi sederajat dengan pemerintah Spanyol untuk membangun kerja sama.

Pada Kamis lalu, Presiden Catalunya Carles Puigdemont mengatakan, pemilihan yang dipercepat tidak mungkin dilakukan. Meskipun ada yang berpendapat ini cara untuk menurunkan ketegangan dengan pemerintah pusat.
Puigdemont beralasan dia belum mendapatkan garansi yang cukup kuat bahwa Madrid tidak akan mencoba untuk mengambil alih pemerintahan Catalunya. []

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline