islampos
Media islam generasi baru

Para Relawan Muslim Irak Membantu Merenovasi Biara Katolik yang Hancur

Foto: World Buletin
0

IRAK– Sekelompok sukarelawan Muslim muda membantu membersihkan dan memperbaiki biara Katolik St. George di Mosul, Irak, sebagai pertanda bahwa kota ini juga terbuka untuk orang Kristen.
Dalam sebuah posting yang dipublikasikan di halaman Facebook “This is Christian Iraq” menggambarkan pemuda Muslim yang berkolaborasi di biara, juga dikenal sebagai Mar Georges atau Mar Gorgis, setelah menyebarkan desas-desus tentang pelecehan terhadap orang-orang Kristen di zona tersebut.
Setelah desas-desus palsu tersebar tentang keluarga Kristen yang diteror oleh penduduk Muslim di lingkungan Al Arabi di Mosul. Relawan muda Muslim dari lingkungan itu menuju ke Biara Mar Georges untuk membersihkannya dan memperbaikinya dan untuk menunjukkan bahwa “Mosul adalah milik Anda seperti itu milik kami” dan “perbedaan kami adalah kekuatan kami”.

Biara St. George, yang didirikan pada abad kesepuluh dan dibangun kembali pada pertengahan abad kesembilan belas oleh Gereja Katolik Caldea, berulang kali ditembak saat pendudukan kelompok teroris ISIL di daerah tersebut.

Pada bulan Februari, orang-orang Kristen Irak bekerja sama dengan umat Islam membangun sebuah tempat beribadah di wilayah yang terbebas dari ISIL.
Saat ini, gabungan kekuatan tentara Irak dan milisi Peshmerga Kurdi berjuang untuk membebaskan Mosul dari cengkeraman ISIL.

Bagian barat kota kedua Irak adalah kubu Irak Isil terakhir yang tersisa. Tahap terakhir perang Mosul – yang diluncurkan Oktober lalu – diumumkan pada hari Sabtu.

Pertempuran itu difokuskan pada tiga lingkungan barat. Merebut kembali mereka akan membuka jalan bagi pasukan Irak, yang didukung oleh serangan udara koalisi pimpinan AS, untuk memulai dorongan terakhir bagi Kota Tua. Jatuhnya Mosul akan mengakhiri kekhalifahan ISIL di Irak.[]

 

Sumber: World Buletin

 

loading...
loading...