ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Panitia SBMPTN: Kerjakan Dengan Jujur dan Jangan Coba-coba Curang  

0

Jakarta – Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan berlangsung pada Hari ini (16/05/2017), Panitia SBMPTN mengingatkan peserta agar tak coba-coba untuk berbuat curang.

Humas SBMPTN Tunjung W Sutirta mengatakan, semua ketentutan sudah disampaikan ke peserta. Dia juga mengingatkan agara peserta memaksimalkan diri dengan belajar untuk menghadapi tes.

“Semua ketentuan sudah dimuat. Tidak ada teknik khusus supaya lolos, semuanya kerjakan soal dengan baik sesuai dengan ketentuan. Namanya seleksi tentu harus sesuai dengan ketentuan yang ada.

Yang penting siapkan diri dengan belajar dan kerahkan kemampuan yang ada di diri masing-masing saat tes nanti,” ujarnya Senin (15/5/2017) kemarin.

Tunjung juga mengingatkan agar peserta mengikuti tata tertib yang telah ditentukan. Jangan sampai ada yang melakukan kecurangan.

“Jangan lakukan kecurangan. Itu adalah persyaratan untuk mengikuti tes. Soal nilai tentu dari hasil masing-masing.

Lolos dan tidaknya tergantung nilai masing-masing yang dinilai oleh sistem yang sudah disiapkan oleh panitia,” katanya.

Jika ada yang melakukan kecurangan, baik itu peserta maupun pengawas, maka akan diberikan sanksi yang tegas. Bahkan, bisa ditindak dengan hukum pidana.

“Karena ini suatu kegiatan kenegaraan, kalau sampai ada yang melakukan kecurangan sanksinya berkaitan dengan ketentuan berlaku, apakah itu tindak pidana dan lain sebagainya.

Jadi tetap ada sanksi. Bisa dipidana karena ini kegiatan yang dilindungi negara. Jangan coba-coba untuk curang,” tegas Tunjung.
Tunjung juga menjamin bahwa sistem pelaksanaan SBMPTN kali ini lebih baik dan ketat. Tingkat keamanan soal dan kunci jawaban juga maksimal dilakukan. Penilaian yang akan dilakukan juga akan dilakukan oleh sistem.

Karena semua pengawas sudah membuat pakta integritas. Semua ada SOP baku yang harus dipenuhi oleh pengawas,” jelas Tunjung.

Berdasarkan data dari panitia penyelenggara SBMPTN, ada 797.023 peserta yang akan mengikuti ujian pada Selasa (16/05/2017) Mereka akan memperebutkan 128.085 kursi dari 85 perguruan tinggi negeri (PTN).

Ada 2 jenis tes dalam ujian, yakni ujian tertulis (paper based test) dan ujian berbasis komputer (computer based test). Nantinya hasil ujian SBMPTN akan diumumkan pada 13 Juni 2017.[]

 

Sumber: Detik

 

 

 

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...