ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Panglima TNI: Pemutaran Film G30S PKI Bukan untuk Mendiskreditkan yang Salah

Foto: Surat Kabar
0 162

JOMBANG—Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akhirnya mengonfirmasi soal adanya Surat Edaran (SE) di kalangan militer yang berisi perintah pemutaran kembali film Gerakan 30 September/PKI (G30S/PKI) di tiap Kodim.

“Saya perintahkan kepada jajaran saya untuk menyetel (memutar film G30S/PKI-red) untuk generasi bangsa sekarang ini,” katanya saat usai ziarah di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Senin (18/9/2017).

Jenderal Gatot menegaskan, tujuan dari pemutaran film G30S PKI itu untuk menyempurnakan pemahamam generasi bangsa yang selama ini dianggap masih minim tentang peristiwa berdarah itu.

Selama ini, lanjut Jenderal Gatot, pemahaman materi sejarah terkait peristiwa yang membuat tujuh petinggi TNI tewas itu masih sangat minim. Termasuk dalam pelajaran sejarah yang diajarkan di bangku sekolah.

“Pelajaran sejarahnya kayak apa sih? Mereka minim sejarah. Tujuannya adalah bukan mendiskreditkan siapa yang salah, tapi memberikan gambaran jangan sampai peristiwa yang pahit dan menyakitkan itu terjadi lagi,” terangnya.

Jenderal Gatot khawatir ketika pemahaman genarasi muda saat ini dibiarkan ngambang akan peristiwa yang memilukan itu. Sebab, pemahaman sejarah yang dangkal berpotensi memicu terjadinya peristiwa yang sama.

Terlebih penyebaran berita hoax terkait sejarah G30S/PKI saat ini masih terus dilakukan oleh oknum-oknum tertentu.

“Sekarang berita hoax itu banyak dan bermacam-macam, jangan sampai generasi muda kita terpengaruh lagi, terpetak-petak lagi, akhirnya terjadi peristiwa kelam,” demikian Gatot dilansir dari Okezone. []

Comments
Loading...