Palestina Menarik Duta Besarnya dari 4 Negara Eropa Pendukung Israel

0

RAMALLAH—Pemerintah Palestina dilaporkan telah mencabut Duta Besarnya dari Rumania, Republik Ceko, Hongaria dan Austria. Pemanggilan pulang dubes ini adalah bentuk protes Palestina atas dukungan keempat negara itu terhadap relokasi Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) ke Yerusalem.

Dukungan keempat itu terlihat dengan turut hadir dalam upacara peresmian kedutaan AS di Yerusalem pada awal pekan ini.

“Otoritas Nasional Palestina telah menarik duta besarnya ke Rumania, Republik Ceko, Hongaria dan Austria untuk konsultasi, karena duta besar keempat negara ini mengambil bagian dalam pembukaan kedutaan AS di Yerusalem, dan mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel,” kata Kementerian Luar Negeri Palestina.

Rumania, Republik Ceko, Hongaria dan Austria adalah empat negara Eropa yang “membangkang” dari sikap Uni Eropa (UE) dengan mendukung langkah AS mengakui Yerusalem sebaga Ibu Kota Israel dan memindahkan kedutaan ke kota tersebut.

Sebelumnya, Presiden Palestina Mahmoud Abbas dilaporkan telah menarik pulang dubes Palestina di AS dengan alasan yang sama.

“Menyusul pemindahan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem, pemimpin Palestina Mahmoud Abbas memanggil kembali Duta Besar Palestina untuk Washington, Husam Zomlot,” kata Kemlu Palestina.

Sementara itu, menurut juru runding Palestina, Saeb Erekat, pihaknya bukan hanya memanggilDuta Besarnya di AS, tapi juga memanggil pulang perwakilan Organisasi Pembebasan Palestina atau PLO di Washington. []

SUMBER: SPUTNIK

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline