ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Orang yang Paling Dicintai Manusia adalah Orang yang Pandai Basa-basi

Foto: Islampos
0

Oleh: Asy-Syaikh Muhammad bin Hady Al-Madkhaly Hafizhahullah

FENOMENA ‘dai selebritis’ saat ini tengah ramai diperbincangkan masyarakat. Kerap muncul di layar kaca dengan tak melupakan segudang berita selebritisnya, maka tak jarang mereka punya banyak penggemar.

Namun amat disayangkan pada hari ini banyak orang mengatakan: “Dai si fulan memiliki akhlak yang bagus, semua orang suka kepadanya.”

Padahal jika engkau melihat seseorang disenangi oleh semua manusia, maka ketahuilah bahwa dia adalah ‘orang yang suka basa-basi. ‘

Para nabi saja tidak semua manusia senang dengan mereka. Allah SWT menjadikan untuk mereka musuh-musuh. Jadi semacam ini apa maknanya? Maknanya orang tersebut menempuh jalan yang lain, yaitu dia mungkin saja melakukan amar ma’ruf namun ia tidak melarang kemungkaran.

“(Orang yang paling keras ujiannya adalah) para nabi, kemudian yang semisalnya dan yang semisalnya, diuji seseorang sesuai dengan kadar agamanya, kalau kuat agamanya maka semakin keras ujiannya, kalau lemah agamanya maka diuji sesuai dengan kadar agamanya. Maka senantiasa seorang hamba diuji oleh Allah sehingga dia dibiarkan berjalan di atas permukaan bumi tanpa memiliki dosa.” (HR. At-Tirmidzy, Ibnu Majah).

Semua orang selamat darinya, semua orang menjadi orang-orang yang dia cintai. Ini makna orang yang suka basa basi. Kalau tidak demikian, para Nabi Allah SWT jadikan musuh bagi mereka, baik dari golongan manusia maupun dari golongan jin.

Jadi jika engkau melihat manusia mengatakan tentang seseorang: “Maa syaa Allah, dia tidak dibenci oleh seorang pun, semuanya mencintainya.” Maka ketahuilah bahwa dia adalah orang yang suka basa basi. Karena dia tidak melaksanakan perintah Allah.

Seandainya dia melaksanakan perintah Allah, pasti engkau jumpai para pengusung kebathilan membencinya, orang-orang yang suka melakukan syirik membencinya, dan orang kuf membencinya. Tidak ada yang mencintai kecuali ahli tauhid, Ahlus Sunnah, dan orang-orang shalih.

Adapun orang yang dicintai oleh semua manusia dan tidak ada satu pun yang membencinya, maka ini menunjukkan bahwa dia adalah orang yang suka basa basi. Wallahualam. []

loading...
loading...