islampos
Media islam generasi baru

Orang yang Menentang Sunah Akan Dibalas dengan Neraka (2-Habis)

Foto: the-k23.tumblr.com
0

2. Tidak semua orang dalam beberapa hal berbeda pendapat dengan ahlussunnah dianggap sebagai penentang sunah.Yang tergolong penentang sunah adalah orang-orang yang membuat aturan sendiri dan membuat kelompok terpisah dan independen sehingga menyebabkan mereka meninggalkan nas-nas dari Al-Qur’an dan hadis seperti kelompok Khawarij, Mu’tazilah, dan Rafidi.

Mengenai orang yang berpegang pada Al-Qur’an dan sunah serta tidak menyimpang dari keduanya, jika mereka berbeda pendapat dalam beberapa hal, tidak berarti mereka termasuk pada sekte-sekte yang akan dimasukan negara Islam.

3. Keterangan tambahan itu menyatakan bahwa semua sekte lainnya akan masuk neraka, tetapi tidak berarti bahwa mereka akan kekal didalamnya.

Kita mengetahui bahwa sebagian dari sekte-sekte tersebut adalah orang-orang kafir yang akan kekal didalam neraka, seperti kelompok Batini yang berpura-pura beriman tetapi hati mereka kafir.

Terdapat juga beberapa golongan lain yang berbeda pendapat dengan ahlusunah dalam hal-hal yang cukup serius, tetapi tidak berarti mereka kafir. Memang tidak ada jaminan yang tegas bahwa mereka akan masuk surga, tetapi Allah SWT mungkin saja memaafkan atau menghukum mereka, sesuai kehendak-Nya.

Mungkin mereka melakukan amalan-amalan yang baik yang dapat menyelamatkan dari siksa api neraka, atau mungkin mereka diselamatkan oleh syafaat para nabi, atau mungkin mereka masuk neraka dan tinggal disana selama yang diinginkan Allah SWT. []

Sumber: Ensiklopedia Kiamat/ Karya: Dr. Umar Sulayman al-Asykar/Penerbit: Serambi

loading...
loading...