ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Orang Tua, Surga dan Neraka bagi Anaknya

0

 

ORANG tua merupakan orang yang memiliki jasa terbesar bagi sang anak. Merekalah yang merawat dan menjaganya dari semenjak lahir ke dunia ini hingga ia tumbuh dewasa. Sebagai seorang anak yang mengerti akan hal itu, tentu akan mencari tahu apa yang harus ia lakukan pada orang tuannya. Lalu, apa sebenarnya hak orang tua pada anaknya?

Seorang anak bertanya kepada Rasulullah SAW, “Apakah hak orang tua terhadap anaknya?” Rasulullah menjawab, “Mereka itu adalah surgamu dan nerakamu?” (HR. Ibnu Majah).

Maksudnya ialah, orang tua dapat menjadi penentu bagi anak, apakah ia akan menjadi anak yang berbudi atau bahkan sebaliknya. Itu semua tergantung dari pendidikan yang diterapkan oleh orang tua. Nah, di sinilah tugas anak untuk mencari tahu. Apakah orang tua kita ingin menjadikan kita sebagai anak yang menjurus pada arah yang baik atau kah sebaliknya.

Dengan begitu, bagi anak yang sudah mampu berpikir kritis akan dapat membedakan mana pendidikan yang baik dan tidak. Maka, ketika orang tua memberikan pendidikan yang baik, Anda harus terima dan mencoba untuk mengamalkannya, karena itu telah menjadi kewajiban Anda untuk berbakti pada mereka.

Namun, jika orang tua, lebih mendidik pada arah yang bertentangan dengan ajaran  Islam, maka tidak ada kewajiban bagi Anda untuk menaatinya. Mengapa? Karena Anda dapat memilih perbuatan yang lebih baik dari itu. Dan Anda bukan termasuk ke dalam golongan anak yang durhaka jika tidak mau mengikuti perintah orang tua yang seperti itu. []

Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli as-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...