Oman Resmi Buka Bandara Senilai 1,8 Miliar Dolar

0

OMAN—Bandara baru Oman yang ditunggu-tunggu dilaporkan telah secara resmi dibuka pada Selasa (27/3/2018). Bandara dibuka setelah ditunda dalam waktu yang cukup lama dan biaya yang mengguncang. Namun dengan harapan itu akan membantu mengubah pemerintah Oman di masa pasca-minyak.

Canggihnya, bandara yang menghabiskan dana 1,8 miliar dolar ini dipandang sebagai facelift luar biasa bagi Oman di babak baru yang penting bagi negara. Bahkan pelayan di bandara ini adalah robot.

Bandara Muscat kemungkinan akan meningkatkan pariwisata, yang dipandang sebagai kunci bagi diversifikasi ekonomi negara yang bergantung pada minyak.

Pemerintah Oman berharap itu akan menjadi salah satu dari 20 bandara teratas di dunia pada tahun 2020. Jumlah wisatawan diperkirakan melonjak 60 persen tahun depan dengan diperkenalkannya bandara baru.

Bandara Muscat akan dapat menangani 40 penerbangan per jam dengan 40 gerbang dan 86 loket check-in. Tiga fase pengembangan diharapkan dapat meningkatkan jumlah penumpang di bandara menjadi 24 juta, 36 juta dan akhirnya 48 juta orang.

Oman telah menginvestasikan miliaran dolar untuk industri pariwisata dengan sejumlah hotel baru dan fasilitas lain yang dibuka di Oman. Muscat menargetkan pelancong berpenghasilan tinggi dan dipandang sebagai tujuan mahal, tetapi mewah.

Harga minyak yang rendah, cadangan minyak yang semakin menipis, biaya tinggi untuk menjalankan pemerintahan dan pertumbuhan populasi telah membuat penting bagi industri pariwisata – dan sektor lainnya – untuk berkembang.

Oman menghadapi tantangan dengan tingkat pengangguran yang tinggi, persaingan dari bandara-bandara baru lainnya di kawasan itu, dan potensi perlambatan ekonomi di negara-negara tetangga dan China dapat mencapai program pertumbuhan ekonomi Oman. []

SUMBER: ALARABY

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline