islampos
Media islam generasi baru

OKI Sambut Bergabungnya Kembali Maroko ke Uni Afrika

0

ISTANBUL – Sekretaris Jenderal Organisasi Kerjasama Islam (OKI) Yusuf Bin Ahmed al-Othaimeen menyambut kembalinya Maroko ke Uni Afrika (AU) setelah absen selama 33 tahun, menurut sebuah pernyataan hari Selasa kemarin (31/1/2017).

Al-Othaimeen berharap langkah tersebut akan meningkatkan perant AU pada tingkat internasional, sehingga membuat lebih mudah untuk menemukan solusi berbagai tantangan benua, lapor Anadolu Agency.

Sekjen OKI juga mengucapkan selamat kepada Menteri Luar Negeri Chad Moussa Faki Mahmat atas terpilihnya sebagai ketua Komisi AU yang baru.

Pada KTT ke-28 AU di Addis Ababa pada hari Senin lalu, Mahamat terpilih untuk menggantikan Nkosazana Dlamini-Zuma, yang mengundurkan diri setelah empat tahun memimpin Komisi AU.

Al-Othaimeen juga memuji hubungan dekat antara OKI dan AU, dengan mengatakan dirinya melihat adanya upaya bekerja sama dengan ketua baru di bidang yang menjadi perhatian bersama.

Maroko sendiri diterima kembali ke dalam AU, Senin lalu setelah mundur lebih dari tiga dekade.

Pada tahun 1984, Maroko meninggalkan Organisasi Persatuan Afrika – pendahulu AU – setelah serikat secara resmi mengakui Republik Saharawi Demokratik Arab di wilayah Sahara Barat, yang Rabat anggap sebagai wilayah Maroko.[fq/islampos]

loading...
loading...