ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Obesitas, Waspadai Timbulnya 4 Penyakit Beresiko Tinggi Ini

0

Advertisements

AHAD (4/11/2018), artis sekaligus komedian Pretty Asmara meninggal dunia. Artis bertubuh subur itu dikabarkan kehilangan 21 Kg berat badannya setelah menjalani masa tahanan akibat kasus narkoba yang menjeratnya beberapa waktu silam.

Ada dugaan kematian Pretty disebakan penurunan sistem imun yang terjadi secara drastis akibat  gangguan lambung yang menyebabkan dia kehilangan sebagian besar berat badannya.

BACA JUGA: Ternyata, Obesitas dan Tubuh Terlalu Kurus Sama Berbahayanya

Memiliki tubuh besar, sebagaimana yang dialami Pretty, memang beresiko tinggi terhadap kesehatan. Berat badan berlebihan atau obesitas, beresiko timbulnya penyakit seperti diabetes, hipertensi atau tekanan darah tinggi dan jantung.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ulasan  terkait 4 penyakit beresiko kematian yang bisa terjadi karena obesitas.

1.Diabetes

Obesitas adalah penyebab utama dari penyakit diabetes tipe 2. Sebab, obesitas dapat menyebabkan resistensi terhadap insulin, hormon yang mengatur gula darah. Kondisi ini dapat menyebabkan resitensi insulin dan gula darah menjadi tinggi. Itu sebabnya obesitas secara tidak langsung dapat meningkatkan resiko diabetes.

2. Tekanan darah tinggi

Obesitas menyebabkan kerja jantung menjadi lebih besar karena harus memompa darah agar terus mengalir ke seluruh tubuh. Lebih banyak darah yang bersirkulasi berarti lebih banyak tekanan pada dinding arteri. Terjadinya tekanan pada dinding arteri ini yang dapat meningkatk tekanan darah. Selain itu, hal ini juga dapat menigkatkan detak jantung dan mengurangi kemampuan tubuh dalam mengangut darah melalui pembuluh.

BACA JUGA: Si Kecil Berbadan Gemuk, Hati-hati Obesitas

3. Jantung

Penyakit koroner atau jantung umumnya terjadi karena adanya endapan lemak di arteri yang memasok darah ke jantung. Arteri yang mengalami penyempitan karena endapan lemak ini dapat mengurangi aliran darah ke jantung dan menyebabkan nyeri dada bahkan serangan jantung mendadak. Pembekuan darah di arteri yang menyempit dapat menyebabkan stroke.

4. Kanker

Pada wanita, kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko penyakit kanker, yaitu kanker payudara, usus besar, kandungan empedu, bahkan kanker rahim. Bukan hanya pada wanita, pria yang memiliki berat badan lebih juga berisiko terkena kanker usus besar dan kanker prostat. []

SUMBER: OKEZONE

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Maaf Anda Sedang Offline