islampos
Media islam generasi baru

Nabi Muhammad Tak Pernah Menguap?

0

MENGUAP adalah suatu aktivitas tubuh yang menarik nafas dalam-dalam melalui mulut secara reflek atau tanpa disengaja.

Saat menguap, kita disarankan untuk menutup mulut dengan tangan kiri atau punggung tangan kiri kita. Hal ini disebabkan karena mulut bukanlah organ tubuh kita yang disiapkan untuk menyaring udara seperti hidung. Tahukah Anda jika Rasulullah tak pernah menguap?

Ibnu Hajar al-Asqalani menjelaskan dalam kitab syarah hadis Bukhari, Al Fath Al Bari, para nabi tidak pernah menguap, termasuk Rasulullah. Fakta ini merujuk pada riwayat yang dinukil oleh Ibn Abi Syaibah dan Bukhari dalam kitab Tarikh Al Kabir.

Riwayat itu menegaskan bahwa Rasulullah tidak sekalipun pernah menguap. Riwayat lainnya yang datang dari Al-Khuttabi menyatakan, menguap juga bukan merupakan perbuatan yang lekat di sepanjang sejarah nabi atau rasul diutus untuk umat manusia.

Menguap adalah perbuatan rendah yang tidak disukai Allah. Menguap bisa mengundang rasa senang setan. Menguap juga di kategorikan sebagai salah satu kegiatan yang bersumber dari makhluk terlaknat itu. Sementara, para nabi terjaga dari segala tindakan yang dapat mengu rangi derajat kenabian mereka.

“Tak satu pun nabi pernah menguap,” demikian tulis riwayat Musalla mah bin Abdul Malik bin Mar wan. []

 

Sumber: Republika.

loading...
loading...