ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Muslim Tidak Bisa Baca Al-Quran, Bagaimana?

Foto: Abu Umar/Islampos
0

APA yang Anda lakukan terhadap Al-Quran yang kini tersimpan rapi di rumah? Tentu Anda membaca bukan? Tetapi, memang tak dapat dipungkiri bahwa ada orang yang mempunyai Al-Quran di rumahnya, hanya saja tidak disentuhnya sama sekali, bahkan hingga Quran itu berdebu. Tidak ada tanda-tanda bahwa Al-Quran itu pernah dibuka apalagi dibaca.

Sungguh ironis, jika kita melihat Al-Quran hanya terpajang rapi di lemari. Padahal, Al-Quran bukanlah hiasan, yang hanya disimpan untuk mempercantik ruangan. Tetapi, Al-Quran adalah wahyu Allah, yang seharusnya kita baca, pelajari, pahami, amalkan dan dakwahkan.

Sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al-Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadah yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan,” (QS. Al-Ankabut: 45).

Terkadang, banyak kita melihat seorang muslim yang tahu bahwa kitab sucinya ialah Al-Quran, namun tidak bisa membaca Al-Quran. Lantas, apakah orang yang tidak bisa baca Al-Quran itu berdosa?

Dalam kabarmakkah.com dikabarkan bahwa para ulama bersepakat bahwa, orang yang tidak bisa membaca Al-Quran itu ada dua kemungkinan, bisa jadi ia berdosa, bisa juga tidak. Lalu, apa yang membedakannya?

1. Tidak bisa baca Al-Quran, tidak berdosa. Hal ini berlaku bagi mereka yang sudah berusaha dengan sungguh-sungguh untuk belajar membaca Al-Quran, hanya saja Allah memberikan takdir yang lain. Takdir Allah membuatnya tidak mampu untuk membaca Al-Quran.

2. Tidak bisa baca Al-Quran itu berdosa. Hal ini berlaku bagi mereka yang dikenal sebagai orang akademik, memiliki kemampuan intelektual yang tinggi, namun enggan untuk membaca Al-Quran apalagi memperhatikannya. Sehingga, ia berdosa untuk ketidakmampuannya tersebut.

Allah telah memberikan akal kepada kita untuk mempermudah jalan hidup kita. Sehingga, kita mampu mempalajari Al-Quran. Hanya saja, rasa malas yang bersarang dalam diri kita terkadang menjadi penghambat bagi kita untuk belajar. Itulah, yang menyebabkan kita termasuk dalam kategori orang berdosa, karena enggan belajar membaca Al-Quran. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...