ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Musim Hujan, Hangatkan dengan 7 Minuman Tradisional Ini

0

MAKANAN atau minuman hangat bisa menjadi penakluk dinginnya musim hujan. Ada beberapa menu khas Indonesia yang bisa dicoba. Menu ini berupa minuman tradisional yang telah tersohor khasiatnya di seantero nusantara.

Berikut ini beberapa varian minuman hangat tersebut:

Bajigur
Foto: Vemale
1 of 8

Bajigur

Bajigur merupakan minuman yang berasal dari Jawa Barat. Minuman hangat ini berbahan dasar santan dan gula jawa. Kehangatannya diperoleh dari jahe. Nah, agar lebih mantap, bajigur juga bisa diseruput dengan ditemani panganan seperti getuk dan rebus-rebusan seperti kacang, ubi atau singkong rebus.

Bandrek
Foto: Resep Koki
2 of 8

Bandrek

Bandrek juga merupakan minuman khas Sunda. Bahannya pun hampir sama, yang pasti ada jahenya. Selain itu ada serai, kayu manis, cengkeh, daun pandan, merica dan untuk pemanisnya menggunakan gula aren. Pas banget buat dajian di musim dingin.

Bir Pletok
Foto: Omiyago
3 of 8

Bir Pletok

Bir pletok merupakan minuman khas dari Betawi. Walaupun namanya bir, tapi minuman yang satu ini tidak memabukkan ko, malah menyehatkan. Bahan dasarnya tak jauh beda dengan dua menu minuman di atas. Ada jahe, daun pandan dan serai. Agar warnanya lebih menarik, orang Betawi biasanya menambahkan kayu secang kedalam racikan minuman ini.

Secang
Foto: Sari Secang
4 of 8

Secang

Pernah denger wedang secang belum? Wedang yang satu ini bahannya berupa kayu secang. Biasanya ditambahi gula batu buat pemanisnya. Warna minuman ini merah, bukan karena pewarna, melainkan warna alami yang memang dihasilkan kayu secang tadi.

Sekoteng
Foto: Appletreebsd
5 of 8

Sekoteng

Sekoteng asalnya dari Jawa Tengah. Bedanya dengan minuman khas lainnya, di dalam sekoteng ini terdapat kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, dan potongan roti. Tapi bahan utamanya tetaplah jahe yang memang berkahsiat untuk menghangatkan tubuh.

Wedang Jahe
Foto: Pengertian Manfaat
6 of 8

Wedang Jahe

Wedang jahe merupakan minuman yang bahan dasarnya jahe. Minuman ini sudah sangat populer khasiatnya untuk menghangatkan tubuh.

Wedang Ronde
Foto: Aeng Aeng
7 of 8

Wedang Ronde

Wedag ronde juga hampir sama dengan wedang jahe, namun ada tambahan tepung ketan berbentuk bulat-bulat serta kacang tanah sangrai, kolang kaling sama roti tawar yang dipotong-potong sebagai pelengkap sajiannya.

Wedang Uwuh
Foto: Beritagar
8 of 8

Wedang Uwuh

Varian wedang satu ini bentuknya kurang menarik karena hanya berupa rendaman daun. Uwuh sendiri artinya sampah. Jadi, penampakannya juga seperti itu. Namun, rasa dan khasiatnya tak perlu diragukan. Selain jahe, wedang uwuh juga dilengkapi secang, dan masih ada beberapa bahan lainnya. []

SUMBER: MAS FIKR

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Comments
Loading...

Maaf Anda Sedang Offline

Send this to a friend