ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Murka Allah bagi Manusia Bersifat Sombong

0

“Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri,” (QS. Luqman:18).

SOMBONG adalah salah satu sifat yang sangat dibenci oleh Allah Azza Wa Jalla. Ini karena sifat sombong merupakan kelakuan iblis. Jika manusia berlaku sombong, berarti tak beda dengan iblis yang telah dilaknat oleh Allah karena sombong. Allah sangat tidak suka dengan kesombongan yang dilakukan oleh makhluknya.

BACA JUGA: Penyakit Sombong, Bagaimana Menyembuhkannya?

Menurut sebuah hadist, Rasulullah shalallahu alaihi wasallam bersabda: Ada tiga golongan manusia yang dibiarkan dan jauh dari rahmat Allah di hari kiamat, mereka disiksa dengan siksaan yang sangat pedih, yaitu:

– Penguasa yang suka bohong
– Orang tua yang sudah tua suka berzina
– Orang miskin yang sombong.

Kesombongan dapat mengakibatkan empat macam kerugian, yaitu:
– Terhalangnya kebenaran
– Mendapat murka Allah
– Hina dan siksa di dunia maupun di akhirat
– Balasannya api neraka.

“Tidak akan masuk surga seseorang yang di dalam hatinya terdapat kesombongan sebesar biji sawi.” Ada seseorang yang bertanya, “Bagaimana dengan seorang yang suka memakai baju dan sandal yang bagus?” Beliau menjawab, “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang lain.“ (HR. Muslim no. 91).

Orang yang sombong menganggap dirinya paling hebat dan tak ada yang menyamainya. Menganggap dirinya paling unggul, dan suka sekali meremehkan orang lain. Sombong itu pernah dilakukan oleh iblis. Contoh: Ketika itu Allah memerintahkan semua malaikat dan iblis untuk bersujud kepada Adam sebagai penghormatan, karena Adam mempunyai Ilmu lebih dibanding mereka. Malaikat pun tunduk lalu bersujud kepada Adam. Tetapi iblis membantah, membangkang tidak mau sujud kepada Adam.

BACA JUGA: Virus Sombong

Akibat sifat sombong ini, seseorang menjadi buta mata hatinya sehingga tidak bisa membedakan kebenaran. Kecongkannya menganggap duirinya paling baik dan sempurna. Sombong itu milik Allah dan hanya Allah yang berhak, maka barang siapa yang berlaku sombong, secara tak langsung ia menandingi Allah.Allah akan memalingkan pandangannya dari orang-oarang yang sombong. []

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Comments
Loading...

Maaf Anda Sedang Offline

Send this to a friend