islampos
Media islam generasi baru

MUI Imbau Masyarakat Tak Musuhi Umat Budha Indonesia Akibat Tragedi Rohingnya

Foto: Al Jazeera
0

JAKARTA–Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengimbau agar masyarakat tidak membenci atau memusuhi umat Budha tanah air dengan alasan kekejaman terhadap umat Islam Rohingnya di Myanmar.

Menurutnya, kekejaman yang dilakukan terhadap Muslim Rohingya di Myanmar tidak hanya menyangkut masalah kemanusiaan, tetapi juga menyangkut keagamaan.

“Meski demikian kami menghimbau masyarakat Indonesia agar tak menjadikan masalah yang terjadi di Myanmar sebagai dasar untuk membenci dan memusuhi umat Budha yang ada di negeri ini,” ujar Anwar, Kamis (7/9/2017) seperti disitat dari Republika.co.id.

Ia mengingatkan, perbuatan terkutuk terhadap Muslim Rohingnya bukan dilakukan oleh umat Budha Indonesia, tapi umat Budha Myanmar.

Terlebih, hubungan baik antar-pemeluk agama di Indonesia selama ini telah berjalan cukup baik.

“Kami mengimbau para pemuka dari masing-masing agama di tanah air untuk merapatkan barisan guna menjaga persatuan dan kesatuan dan jangan sampai masalah di Myanmar ini mengganggu stabilitas dalam negeri,” imbuhnya.

“Kami patut memberikan apresiasi kepada  Pemerintah Indonesia yang sudah melakukan langkah-langkah  diplomasi dan langkah-langkah konkrit untuk membantu umat Islam Rohingya yang sedang menghadapi masalah agar mereka dapat keluar dari persoalan yang  sedang mereka hadapi,” demikian Anwar. []

loading...
loading...