ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

MSF: Kondisi Kesehatan Jutaan Rakyat Yaman Amat Menyedihkan

0

YAMAN—Dokter yang tergabung dalam ‘Doctors Without Borders’ dilaporkan telah memperingatkan bahwa jutaan warga Yaman kini tengah menghadapi bencana ‘keputusasaan.’ Bencana ini diklaim leih berbahaya dibandingkan krisis kesehatan yang tengah rakyat Yaman alami akibat konflik.  

Dokter Tanpa Batas yang dikenal dengan akronim MSF (Medecins Sans Frontieres) mengatakan bahwa perang selama 30 bulan, memiliki dampak buruk pada kehidupan warga sipil, termasuk sejumlah besar anak-anak.

“Perang selama 30 bulan berdampak pada tingginya harga barang konsumsi dan pengangguran yang berdampak besar pada kondisi manusia,” kata pejabat MSF, PressTV melaporkan pada Senin (30/10/2017). Ia menambahkan bahwa sejumlah besar anak menderita kekurangan gizi.

“Jutaan rakyat Yaman tidak bisa mendapat perawatan kesehatan primer karena berada dalam situasi putus asa,” ungkap Ghassan Abou Chaar, kepala misi MSF di Yaman.

Menurut MSF, petugas kesehatan belum dibayar selama 13 bulan terakhir di negara yang dilanda konflik tersebut.

Mark Lowcock, kepala Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) menyebut situasi Yaman “Amat mengejutkan melihat dampak mengerikan dari konflik yang dimulai milisi Syiah Houthi yang ingin menguasai Yaman.

PBB menggambarkan konflik yang sedang berlangsung di Yaman sebagai “Krisis kemanusiaan terbesar di dunia.”

Perang telah menyebabkan tujuh juta orang berisiko kelaparan dan diperkirakan 17 juta, atau sekitar 60 persen dari keseluruhan populasi di negara tersebut, mengalami kekurangan gizi. []

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...