Minum Air Putih Hangat, Ini Manfaatnya…

0

 

MANA yang lebih bermanfaat, minum air putih hangat atau dingin? Jawaban untuk pertanyaan tersebut sebenarnya masih menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan bahwa konsumsi air dingin lebih menyehatkan, sementara sebaliknya banyak juga pakar kesehatan yang menyarankan untuk minum air hangat karena mereka meyakini bahwa air hangat lebih menyehatkan bagi tubuh.

Namun, ada juga ahli kesehatan lainnya yang mengatakan bahwa baik air dingin maupun air hangat dua-duanya sama-sama baik dan menyehatkan. Tak ada perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya, karena yang lebih ditekankan adalah jumlah kecukupannya, bukan suhunya.

BACA JUGA: Pagi Hari Minum Air Putih, Ini Manfaatnya

Berikut ini manfaat minum air putih hangat bagi kesehatan:

Air hangat membantu menurunkan berat badan. Beberapa pakar kesehatan mengungkapkan bahwa air hangat lebih banyak membakar kalori dibandingkan air dingin. Segelas air hangat (sekitar 200 ml) dapat membakar sekitar 8 kalori. Sementara air dingin dengan jumlah yang sama (200 ml) membakar lebih sedikit kalori (membakar kurang dari 8 kalori).

Air putih hangat juga membuat perut terasa lebih cepat kenyang dan ini pada akhirnya akan bermanfaat dalam menjaga berat badan. Jika Anda sedang menjalankan program diet penurunan berat badan, disarankan untuk minum segelas air hangat sebelum makan karena dapat membuat perut terasa lebih cepat kenyang, sehingga nantinya Anda akan makan dengan porsi yang lebih sedikit. Selain itu, air hangat juga membantu memecahkan timbunan lemak dalam tubuh.

Related Posts

Air hangat membantu membersihkan tubuh dan membuang racun. Salah satu manfaat paling penting lainnya dari minum air hangat adalah air hangat efektif dalam membersihkan tubuh. Pencernaan yang buruk dapat dengan mudah diobati dengan segelas air hangat dua kali sehari. Kebiasaan baik yang dapat dimulai saat ini adalah minumlah satu atau dua gelas air hangat pada pagi hari karena efektif dalam membuang racun dan membersihkan sistem pencernaan.

Air hangat juga berkhasiat dalam menyembuhkan sembelit. Minum segelas air hangat saat perut kosong di pagi hari membantu meningkatkan gerakan usus dan menyembuhkan sembelit.

BACA JUGA:  Gara-gara Ngantuk, Anggota Linmas Ini Minum Tinta Sidik Jari yang Dikira Kopi

Air hangat baik untuk tenggorokan. Minum air hangat bermanfaat dalam melawan sakit tenggorokan akibat batuk atau radang. Ketika kita sedang sakit atau menunjukkan gejala akan sakit, sebaiknya hindari minum air dingin. Orang yang sedang sakit atau ada gejala akan sakit disarankan untuk banyak minum air hangat karena bermanfaat untuk menjaga kebutuhan cairan tubuh sekaligus juga meringankan gejala nyeri dan radang pada tenggorokan. Pada beberapa orang yang mudah sakit, disarankan untuk menghindari konsumsi air dingin (air es). Beberapa orang bahkan bisa mengalami sakit setelah minum air dingin.

Air hangat akan membuat tubuh lebih berkeringat. Ketika minum air hangat, maka tubuh akan lebih banyak berkeringat. Hal ini disebabkan karena ketika kita minum air hangat maka suhu tubuh akan naik (meningkat), dan untuk menormalkan kembali suhu tubuh yang naik, maka tubuh secara alamiah akan mengelurkan keringat. Bila kita banyak minum air hangat maka suhu tubuh akan semakin meningkat dan akan lebih banyak keringat yang diproduksi. Tubuh lebih berkeringat berarti lebih sehat. Berkeringat dapat membersihkan sel-sel kulit, membuang racun, kelebihan air dan garam keluar dari tubuh.

BACA JUGA: Bolehkah Makan dan Minum di dalam Masjid?

Air hangat dan air dingin memiliki manfaat dan kelebihan masing-masing. Apapun pilihan Anda, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi tubuh Anda, karena tiap orang memiliki respon tubuh yang berbeda-beda. Hal terpenting yang perlu selalu diingat adalah menjaga pasokan air (kecukupannya) bagi tubuh per hari, agar tubuh selalu sehat. []

SUMBER: INSPIRADATA

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline