Miliki Pencahayaan Unik, Masjid Arcapita Raih Penghargaan

Foto: som
0

BAHRAIN—Masjid Arcapita dilaporkan telah meraih penghargaan Abdullatif Al Fozan Award untuk kategori Arsitektur Masjid paling modern. Masjid Arcapita menjadi juara setelah mengalahkan 122 nominasi untuk masjid modern di kawasan Teluk, DT News melaporkan pada Rabu (22/3/2017).

Penghargaan ini diberikan karena arsitektur dan desain kreatif Masjid Arcapita yang mewujudkan karakteristik bangunan unik dan menunjukkan estetika Islamnya.

Masjid yang dirancang oleh Skidmore, Ownings & Merrill (SOM) ini terletak di Bahrain Bay, Manama. Abdullatif Al Fozan Award untuk Arsitektur Masjid mulai diberikan sejak 2011, untuk memberikan penghargaan atas keunggulan arsitektur dalam rekayasa konstruksi masjid.

Acara penyerahan penghargaan ini digelar di Jeddah oleh Pangeran Khalid Al Faisal selaku Gubernur Mekkah. Acara ini juga dihadiri oleh Pangeran Sultan bin Salman bin Abdulaziz, Ketua Dewan Pembina Al Fozan Award beserta sejumlah pejabat tinggi.

Desain unik masjid ini memungkinkan pencahayaan masuk melalui 40 jendela dari tiga sisi bangunan. Sistem pencahayaan khusus di interior dan eksterior Masjid Arcapita dikendalikan oleh jam surya otomatis dan bisa dikendalikan secara override. Efek cahaya ini memungkinkan pemandangan yang berbeda-beda tergantung pada waktu shalat. []

loading...
loading...