ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Meski UU JPH Belum Dijalankan, MUI Pastikan Sertifikasi Halal Terus Berjalan

0

Advertisements

JAKARTA—Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin menyampaikan, proses sertifikasi produk halal terus berjalan kendati Undang-undang (UU) No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (JPH) belum dijalankan sepenuhnya oleh pemerintah.

Ia mengungkapkan, bahwa saat ini proses Sertifikasi Halal diberikan oleh Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika (LPPOM) Majelis Ulama Indonesia (MUI).

KH Ma’ruf menjelaskan, penyebab belum diberlakukannya UU JPH, karena hingga kini belum ada petunjuk teknis (Juknis) dalam melaksanan UU tersebut.

Related Posts
1 of 42

Sehingga, kata dia Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) belum mau menjalankan UU tersebut. Padahal dalam agama Islam tidak ada yang perlu dipersulit untuk kepetingan kemaslahatan umat manusia.

“Di agama itu tidak ada yang susah. Yang susah itu yang tidak mau melaksanakan sertifikasi halal,” ujarnya saat menghadiri Seminar Nasional Mandatory Sertifikasi Halal di Jakarta, Senin (16/4/2018).

Namun, dirinya menekankan untuk memberikan kepastian halal bagi dunia industri atau usaha maka MUI berhak mengeluarkan sertifikasi halal. []

Reporter: Rhio

Artikel Terkait :

loading...
loading...

Sponsored

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline