islampos
Media islam generasi baru

Mereka-mereka yang Mengutamakan Shalat Awal Waktu

Foto: Daily Express
0

SHALAT adalah kewajiban setiap muslim. Selain itu, shalat adalah amalan pertama yang akan dihisab kelak di akhirat. Seperti dari Abu Hurairah, beliau mendengar Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,

“Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi. Jika ada yang kurang dari shalat wajibnya, Allah Tabaroka wa Ta’ala mengatakan, ’Lihatlah apakah pada hamba tersebut memiliki amalan shalat sunnah?’ Maka shalat sunnah tersebut akan menyempurnakan shalat wajibnya yang kurang. Begitu juga amalan lainnya seperti itu.”

Namun, masih banyak dari kalangan kita yang menunda waktu shalat karena alasan pekerjaan atau hal-hal sepele lainnya.

Adapun kisah nyata di era modern ini, tentang tokoh-tokoh ternama yang memiliki segudang kesibukan, tapi tetap mengutamakan mendirikan shalat di awal waktu.

1. King Saudi atau sering kita kenal Salman bin Abdulaziz al-Saud rela meninggalkan tamu kenegaraannya yaitu presiden negara Adi Daya, Barack Obama, yang baru tiba di bandara. Raja Salman langsung berpamitan kepada presiden Amerika saat adzan Ashar berkumandang guna mendirikan shalat berjamaah. Peristiwa ini terjadi pada tanggal 27 Januari 2015.

2. Pada bulan September 2015, Brigjen. Pol. Drs. Umar Septono, S.H., M.H. Kepala Kepolisian Daerah NTB, yang tiba-tiba meninggalkan acara festival kebudayaan hanya untuk melaksanakan shalat di awal waktu. Saat Adzan Ashar berkumandang, tanpa pengawalan kapolda NTB tersebut langsung mencari lokasi masjid dengan mengendarai sepeda motor.

3. General Manager (GM) sebuah perusahan Telkom di Jakarta Barat, Dwi Pratomo Juniarto, mengeluarkan surat edaran pada tanggal 28 Agustus 2015 untuk melaksanakan sholat di awal waktu bagi seluruh elemen pekerja di perusahaan tersebut.

Jelaslah, meski kita memiliki segudang aktivitas yang dinilai penting, namun, sebagai umat Islam, shalat di awal waktu pun adalah prioritas utama dan penting dalam kehidupan kita. []

loading...
loading...