Menyebutkan Ibu, Al-Quran Gunakan Kata “Umm”, Apa Maknanya?

0

PERNAHKAH Anda melihat ayat-ayat Al-Quran yang berkata tentang ibu? Tentu saja banyak dalam Al-Quran yang menjelaskan mengenai ibu. Ya, ibu menjadi salah satu sosok yang diabadikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam firman-Nya. Salah satunya, Al-Quran menyebut ibu dengan kata “Umm”. Apa ya maknanya?

Kami nukil dari Syahida bahwa kata “umm”, digunakan Al-Quran untuk menyebutkan sumber yang baik dan suci untuk hal yang besar dan penting. Maka, Makkah Al Mukarramah disebut “Ummul Qura” karena kota ini adalah tempat turunnya risalah yang diberikan Allah kepada Islam, yang merupakan inti ajaran para rasul dan semua risalah.

Allah berfirman, “Dan ini (Al-Quran) adalah kitab yang telah Kami turunkan yang diberkahi, membenarkan kitab-kitab yang (diturunkan) sebelumnya dan agar kamu memberi peringatan kepada (penduduk) Ummul Qura (Mekah) dan orang-orang yang di luar lingkungannya. Orang-orang yang beriman kepada adanya kehidupan akhirat tentu beriman kepadanya (Al-Quran) dan mereka selalu memelihara sembahyangnya,” (QS. Al-An’am: 92).

Imam As Suddi mengatakan, disebut Ummul Qura’, kerena Makkah rumah yang pertama kali dibangun di tempat itu.

Allah juga menyebutkan kata “umm” untuk sesuatu yang menghimpun ilmu-Nya, yaitu pada lafaz “Ummul Kitab”.

Allah berfirman, “Allah menghapuskan apa yang Dia kehendaki dan menetapkan (apa yang Dia kehendaki), dan di sisi-Nyalah terdapat Ummul Kitab (Lauh Mahfuzh),” (QS. Ar Raad: 39).

Maka, dapat kita ketahui bahwa kata “umm”, dalam Al-Quran digunakan untuk menyebutkan sesuatu yang menjadi sumber kemuliaan, merupakan simbol pengorbanan, penebusan, kesucian, kejernihan, cinta dan kasih sayang. Sumber yang menjadikan seseorang tumbuh menjadi manusia yang terhormat, menemukan kemuliaan dan bangga menisbahkan dirinya kepada ibu yang melahirkannya.

Jadi, ibu merupakan sosok terhormat. Oleh sebab itu, menghormatinya merupakan kewajiban yang harus dilakukan seorang anak pada ibunya. []

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline