Menuntut Ilmu Pun Ada Adabnya, Apa Saja?

0

IMAM Malik rahimahullah berkata, “Pelajarilah adab sebelum mempelajari ilmu.”

Dari perkataan tersebut dapat kita pahami bahwa saat menuntut ilmu harus memiliki perilaku dan adab yang baik. Al-Habib Zein bin Ibrahim bin Smith pun menjelaskan hal tersebut dalam sebuah ulasan.

Berikut ulasan nya mengenai perilaku dan adab menuntut ilmu :

Ikhlas Lillahi Ta`ala

Rasulallah SAW bersabda, “Barangsiapa yang menuntut ilmu syar’i yang semestinya ia lakukan untuk mencari wajah Allah dengan ikhlas, namun ia tidak melakukannya melainkan untuk mencari keuntungan duniawi, maka ia tidak akan mendapat harumnya aroma surga pada hari kiamat.” (HR. Ahmad)

Menyucikan Hati

Tanpa hati yang bersih, buah dari ilmu tak akan memberikan manfaat kepada orang banyak. Tidak perlu memperdulikan gelar akademik yang di peroleh, yang penting setiap ilmu yang di peroleh dapat kita amalkan.

Tidak Sombong dan Malu

Imam Mujahid mengatakan, “Dua orang yang tidak belajar ilmu: orang pemalu dan orang yang sombong” (HR. Bukhari secara muallaq)

Mengambil Manfaat atau Faedah

Luqman al-Hakim berwasiat kepada anaknya, “Wahai anak kesayanganku, duduklah bersama para ulama’, dekatilah mereka dan ambillah ilmu dari mereka. Sesungguhnya Allah menghidupkan hati-hati dengan cahaya Hikmah, sebagaimana Allah menghidupkan tanah yang mati dengan hujan dari langit. (al-Muwatta’, Imam Malik)

Sederhana dalam Makan dan Minum

Dalam wasiat penuh hikmah dari Lukman Al-Hakim kepada putranya, ia berkata: “Wahai anakku, jika perut telah terisi penuh pikiran akan tertidur, hikmah akan berhenti mengalir, dan badan akan lumpuh dari beribadah”.
Nah, bagi sahabat-sahabat yang tengah menuntut ilmu, jangan lupa untuk menerapkan nya ya. Karena setiap hal baik harus di barengi dengan cara yang baik. Wallahu a’lam. []

Sumber: ummionline
Redaktur: Jejeh Nurazizah

loading...
loading...
Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun

Maaf Anda Sedang Offline