ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Mengapa Allah Menciptakan Setan?

0

PERTANYAAN yang mungkin selama ini ada di benak mengenai setan adaah “Mengapa Allah menciptakan setan?” benarkah ini atas ketidak adilan Allah sehingga Allah menciptakan setan? Tentu bukan demikian.

Allah menciptakan segala sesuatunya dengan sebuah tujuan. Allah memerintahkan kita untuk patuh dan taat kepada semua perintah Allah. Selain itu, Allah juga memerintahkan kita agar tidak tergoda untuk meninggalkan perintah-perintah tersebut.

Perintah patuh dan taat dibarengi dengan godaan. Sebab kalau tidak ada godaan, sikap taat dan patuh menjadi persoalan biasa. Taat dan patuh yang sejati yaitu apabila ada rayuan dan godaan untuk bermaksiat, tetapi orang tersebut mampu menahannya.

BACA JUGA:
Kenapa Setan Takut dengan Umar bin Khattab?
Awas! Setan Modern yang Bisa Buat Anda Lalai Ibadah

Allah menghendaki agar ketaatan dan kepatuhan seseorang timbul karena rasa takut kepada-Nya. Ini adalah ibadah.

Ibadah hanya untuk Allah. Karena Allah semata. Bukan untuk siapa-siapa. Walaupun besar godaan setan kepada kita untuk mengalihkan tujuan ibadah itu. Allah menciptakan setan adalah hikmah. Seperti hikmahnya Allah menciptakan kejahatan, kemaksiatan, atau mungkar.

Manusia diuji, apakah kuat imannya menolak ajakan dan godaan setan. Karenanya manusia diberi alat, sarana dan kemampuan oleh Allah untuk menjauhi kejahatan itu.

Bila sadar dan mengerti ajakan (dakwah) amar ma’ruf nahi mungkar, setan dan kejahatan tidak akan berhasil memperdaya manusia. []

Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof.Dr.M. Mutawalli Asy-Sya’rawi

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...