Mengagumkan, 2000 Muslim Irlandia Bergelar Doktor

0

IRLANDIA—Muslim Irlandia patut berbangga. Pasalnya, menurut sebuah penelitian ditemukan bahwa umat Muslim di Irlandi lebih berpendidikan daripada populasi umum. Umat Muslim juga mencapai rata-rata tertinggi dalam angka partisipasi sekolah di seluruh negara Eropa, Aboutislam melaporkan.

“Irlandia adalah salah satu dari negara di Eropa dimana umat Muslimnya rata-rata mampu menyelesaikan sekolah selama 11,8 tahun, atau lebih setahun dari kalangan non-Muslim,” tulis Irlandia Times pada Desember 2016 silam. Angka ini berdasarkan laporan Badan Agama dan Pendidikan Islam Irlandia yang dikutip Lembaga Riset Pew yang berbasis di Washington.

Tingkat partisipasi pendidikan umat Muslim Irlindia relatif tinggi di bandingkan dengan Inggris, Lithuania, Slovakia, Estonia, Republik Ceko dan Hungaria. Negara-negara ini dianggap memiliki “kebijakan imigrasi yang menguntungkan bagi para migran yang berpendidikan tinggi,”

Menurut penelitian, Irlandia mengalami ledakan ekonomi dari akhir 1990-an sehingga menarik migran Pakistan dan Afrika yang sangat terampil datang ke negara ini.

Situasi ini ternyata tidak sama di negara-negara Eropa lainnya, di mana umat Islam relatif kurang mengenyam pendidikan.

Studi ini juga menemukan bahwa banyak negara-negara Eropa akan didatangi pengungsi Muslim berpengalaman dalam beberapa dekade terakhir.

Diperkirakan populasi Muslim Irlandia saat ini berada di angka 70 ribu jiwa, dan 2000 di antaranya adalah doktor. []

loading...
loading...

Comments

Loading...