ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Memecahkan Masalah, Begini Caranya

Foto: IndoForum
0

SIAPA di antara kita yang tidak memiliki masalah? Tentu saja semua orang memiliki masalah. Hanya saja, orang-orang yang pandai menyembunyikan masalahnyalah yang tidak terlihat memiliki masalah. Dan memang itulah yang lebih baik. Ya, tak membiarkan orang lain tahu kita memiliki masalah, bisa membuat diri kita percaya diri pada diri sendiri.

Lalu, bagaimana dengan masalah yang tengah dihadapi? Salah satu hal yang perlu dilakukan ialah memecahkan masalah. Ya, jangan kita biarkan masalah terus mengendap. Hal itu hanya akan merepotkan diri kita sendiri. Sebab, masalah itu akan tetap ada. Dan mungkin terus bertambah. Lantas, bagaimana cara memecahkan masalah?

Dilansir dalam motivasi-islami.com bahwa saat kita menemukan masalah, maka kita harus bisa menemukan ide-ide brilian bagaimana mengatasi masalah tersebut. Kemampuan kreativitas sangat penting dalam hal ini. Mengapa? Karena kebanyakan orang yang putus asa ialah mereka yang tidak punya ide lagi untuk menyelesaikan masalahnya. Ide-ide yang terus mengalir dan semangat yang membara untuk mencobanya, lambat laun akan mengantarkan kita ke sebuah solusi.

Cara cepat memecahkan masalah adalah dengan segera mencari ide kemudian dicoba melakukannya. Seringkali ide pertama tidak menghasilkan solusi. Tetapi untuk mendapatkan solusi kita harus mencoba ide terbaik yang kita miliki.

Nah, berikut ada 7 langkah memecahkan masalah. Apa sajakah itu?

1. Cari ide yang banyak.
2. Evaluasi ide-ide kemudian pilih yang paling baik.
3. Prioritaskan ide.
4. Ambil tindakan dari ide terbaik.
5. Jika gagal coba lagi, perbaiki.
6. Jika masih gagal, coba ide yang lain.
7. Jika semua ide sudah dicoba dan masih gagal, maka hasilkan lagi ide-ide baru.

Jadi peran kreativitas sangat penting dalam kemampuan kita mengatasi masalah. []

loading...
loading...