islampos
Media islam generasi baru

Membaca Al-Qur’an adalah Jalan Kelapangan

Foto; Pinterest
0

ALLAH SWT menurunkan Al-Qur’an kepada Rasulullah Saw. untuk memberikan petunjuk bagi manusia kepada perkara yang bermanfaat bagi mereka, baik berupa urusan maupun akhirat. Allah SWT berfirman, “Sungguh Al-Qur’an ini memberikan petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapatkan pahala yang besar,” (QS Al-Isra[17]:9).

Allah SWT juga berfirman, Alif Lam ra. (ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu (Muhammad) agar engkau mengeluarkan manusia dri kegelpn kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Mahaperkasa, Maha Terpuji. (QS. Ibrahim [14]:1).

Berkitan dengan turunnya Al-Qur’an, Allah menjelaskan kepada mereka bahwa barangsiapa mengikuti Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya, pstilah dia tidk akan tersesat dan tidak celaka, …barang siapa yang mengikuti petunjuk-Ku, dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka (QS. Tha Ha [20]: 123). Adapun, barangsiapa berpaling dari kedua-Nya maka dia pasti celaka di dunia dan di akhirat.

Allah SWT berfirman, 124) “ Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku, maka sungguh, dia akan menjalani kehidupan yang sempit, dan kami akan mengumpulkan pada hari kiamat dalam keadaan buta.” 125) “Dia berkata,” Ya Tuhanku, mengapa engkau kumpulkan aku dalam keadaan buta, padahal dahulu aku dapat melihat?”126) Dia Allah berfirman,” Demikianlah dahulu telah datang kepadamu ayat-ayat Kami, dan kamu mengabaikannya, jadi begitu pula pada hari ini kamu diabaikan.” (Taha[20]:124-126). []

loading...
loading...