islampos
Media islam generasi baru

Mekkah dan Madinah Dalam Dokumentasi Para Orientalis (2)

Foto: Ihram
0

Kebanyakan orientalis menetap di utara Arab Saudi dan tinggal dengan suku-suku yang pindah ke sana dengan unta dan domba.

Riyadh, Hail dan Qassim juga mendapat banyak dokumentasi dari para pelancong Orientalis melalui foto-foto, yang menggambarkan rumah-rumah lumpur, pertanian, pasar dan kehidupan sehari-hari di lokasi tersebut.

Beberapa Orientalias tersebut diantaranya:

1. Harry Philby

Harry St John Bridger Philby dianggap salah satu fotografer paling terkenal yang pindah ke Arab Saudi sekitar 88 tahun yang lalu. Dia masuk Islam dan mengganti namanya menjadi Abdullah Philby. Dia terkenal dengan karya luar biasa yang dia tinggalkan dan dikreditkan dengan mendokumentasikan dan merekam banyak tengara di Arab Saudi.

Philby banyak bepergian dengan Raja Abdul Aziz dan dia adalah mata di balik foto-foto awal pendiri Kerajaan itu.

Philby belajar fotografi di Basra selama Perang Dunia I. Selanjutnya, dia adalah satu dari sedikit pria yang melintasi ‘periode awal berdirinya kerajaan Arab Saudi, yakni pada  tahun 1932.

Philby bukan hanya seorang fotografer. Dia juga penulis banyak buku perjalanan, termasuk foto perjalanannya.
(Keterangan gambar di atas: Harry Philby)

2.Wilfred Thesiger

Dia adalah salah satu penjelajah terakhir dari Jazirah Arab. Dia beberapka kali melakukan banyak perjalanan ke Najd dan Assir selama berada di Arab Saudi antara tahun 1936 dan 1950.

Thesiger, yang juga disebut Mubarak Bin London, muncul  dengan sebuah buku di mana dia mendokumentasikan gambar-gambar penting tentang kehidupan suku-suku yang ada di Arab Saud tersebut. Bukunya yang berjudul “The Sands of Arabiya” dianggap sebagai referensi penting di bidang studinya.

William Thesiger bukan satu-satunya yang diberi nama Arab. Suku Roula menamai ahli orientalis Ceko Alois Musil Sheikh Moussa Al-Rouili saat dia tinggal lama bersama mereka. Alois banyak menulis tentang warisan Timur dan apa yang disaksikannya selama berada di sana. Dia terkenal karena potretnya memakai pakaian Badui, di mana dia benar-benar terlihat seperti orang lokal.

3: Lady Ann Blunt

Putri Inggris Lady Ann Blunt adalah salah satu wanita oriental paling terkenal yang telah melakukan perjalanan ke Arab Saudi, di mana dia didampingi suaminya dan banyak pindah ke utara Saudi. Dia terkenal karena mengubah jenis kuda Arab dan mendirikan kuda jantan ras Arab.

Dia menetap di daerah Najd dan pindah dengan beberapa suku di utara. Dia jugamenyaksikan perang antara dua suku yang memperjuangkan padang rumput dan merupakan pihak mediator perdamaian di antara mereka.

Ann Blunt bukan satu-satunya wanita yang menyeberangi Jazirah Arab; Dia sebenarnya didahului oleh Gertrude Bell yang berhasil melakukan perjalanan ke Salam dan mendokumentasikan sejarah dan bangunannya selama periode tersebut.[]

loading...
loading...