ISLAMPOS
Media Islam Generasi Baru

Mayoritas Warga Turki di Luar Negeri Pilih ‘Ya’ untuk Amandemen Konstitusi

0

ANKARA–Para pemilih Turki yang tinggal di luar negeri mencapai jumlah rekor tertinggi dalam memutuskan referendum amandemen konstitusi, kata kepala Kehakiman dan pusat koordinasi pemilu AKP di luar negeri Senin hari ini (17/4/2017).

“Pemilih dari luar negeri telah memberikan dukungan yang kuat untuk referendum dengan lebih dari 48 persen pemilih,” kata Mustafa Yeneroglu dalam sebuah pernyataan tertulis, lapor Anadolu Agency.

Lebih dari 59 persen ekspatriat yang ikut memilih mendukung amandemen konstitusi sehingga akan menggeser sistem parlementer negara saat ini ke bentuk presidensial pemerintahan, kata Yeneroglu.

Sekitar 77 persen warga Turki di Belgia, 73 persen di Belanda, 65 persen di Prancis dan 63 persen di Jerman semuanya mendukung “Ya”.

Sebelumnya pada hari Ahad kemarin, jutaan pemilih pergi ke TPS untuk memutuskan perubahan konstitusi negara yang akan mengantarkan sistem kepresidenan eksekutif.

Hasil tidak resmi menunjukkan 51 persen suara mendukung perubahan sementara kurang dari 49 persen menentang undang-undang baru tersebut.[fq/islampos]

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun
loading...
loading...