Agar Anak ber-IQ Tinggi, Begini Caranya

0

ADA berbagai manfaat dari aktivitas membaca pada anak mulai dari usia dini. Kegiatan tersebut dapat meningkatkan IQ hingga mengasah kemampuan anak memahami emosi orang lain.

Yang jadi tantangan bagi orang tua adalah bagaimana caranya menumbuhkan kebiasaan baik membaca buku terhadapa anak. Untuk menanamkan kecintaan membaca kepada anak-anak sejak dini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua.

Keteladanan adalah salah satunya. Melihat orang tuanya suka membaca koran, majalah, buku, bahkan label pada produk makanan, akan menginspirasi anak untuk tertarik membaca pula. Mengunjungi toko buku atau perpustakaan anak-anak juga merupakan upaya menumbuhkan kecintaan membaca pada anak.

Jika anak sudah bisa membaca dan menulis, doronglah dia untuk menulis sebuah cerita tentang aktivitas harian yang dia lakukan. Mengenalkan keseruan membaca tidaklah perlu menunggu sampai anak bisa membaca, bahkan bayi sekalipun bisa diajak dalam aktivitas ini.

Kegiatan ini dapat mengajarkan bayi tentang komunikasi, mengenalkan konsep (angka, huruf, warna, dan bentuk) dalam cara yang menyenangkan, serta membangun memori. Sebab, pada usia 1 tahun, yang dipelajari bayi adalah apa yang mereka dengar terlebih dahulu.

Semakin banyak cerita yang Anda bacakan, semakin banyak kemampuan kosakata yang dimiliki anak dan semakin baik untuk berbicara. Mendengar kata-kata membantu untuk membangun jaringan dalam otak bayi. Anak-anak yang orang tuanya sering berbicara atau membaca dapat tahu lebih banyak kata pada usia 2 tahun dibandingkan anak lainnya.

Membaca juga mengajak bayi Anda melihat, menyentuh, dan menjawab pertanyaan yang semuanya meningkatkan kepekaan sosial dan keterampilan berpikir. []

SUMBER:  SMH.COM

Langganan newsletter Kami
Langganan newsletter Kami
Daftar dan dapatkan informasi update dari Kami langsung ke Inbox e-mail Anda
Kamu dapat berhenti berlangganan kapanpun