islampos
Media islam generasi baru

Masjid Pertama Kekhalifahan Utsmani Turki hanya Muat 40 Jemaah!

Foto: halalifestyle
0

LUAS dan megah. Mungkin itu gambaran banyak orang tentang masjid yang dibangun kekhalifahan di Turki. Namun pada kenyataannya tidak demikian.

Dibangun pada abad ke-13 oleh Gazi Ertugrul, ayah dari Sultan Utsmani pertama, masjid pertama yang dibangun tak semegah yang diperkirakan. Bahkan, masjid ini hanya bisa menampung sekitar 40 orang jemaah! Inilah bangunan pertama yang didirikan oleh kekhalifahan terakhir di Turki.

Berada di daerah Sogut yang dapat dicapai dalam tiga jam perjalanan dari Istanbul, masjid ini awalnya dinamai Masjid Ertugrul Gazi, lalu berganti nama menjadi Kuyulu Mescid atau masjid dengan sumur karena adanya sumur di bagian dalam masjid yang didirikan sekitar tahun 1280.

Profesor Taner Bilgin dari Fakultas Sejarah Universitas Seyh Edebali menjelaskan bahwa Sogut adalah titik awal di mana Utsmani muncul. Ia juga menambahkan bahwa didirikannya masjid ini adalah untuk memenuhi kebutuhan religius dari para penduduk daerah Sogut yang kian ramai.

Memang tidak ada sebuah catatan resmi dari tanggal berdirinya masjid kecil yang ramai dikunjungi turis ini. Menurut profesor Taner hal ini disebabkan bahwa tradisi mencatat baru dimulai pada tahun 1300an.

Masjid ini memang terlihat sederhana, meski tidak diketahui secara pasti bentuk aslinya tapi menurut arsip dari Kekhalifahan Utsmani masjid itu awalnya berbentuk tenda-tenda dan baru pada masa kekuasaan Osman Gazi, Sultan pertama Utsmani.

Masjid Kuyulu sempat terbengkalai cukup lama dan baru kemudian direnovasi kembali pada awal tahun 2011. Pekerjaan renovasi yang akhirnya selesai pada tahun 2012 menjadikan masjid ini ramai kembali baik oleh para wisatawan maupun jemaah masjid. []

loading...
loading...